6 Destinasi Eropa yang Penuh Jejak Islam

Jum'at, 17 Juni 2016 - 04:07 WIB
6 Destinasi Eropa yang Penuh Jejak Islam
6 Destinasi Eropa yang Penuh Jejak Islam
A A A
JAKARTA - Sebagai salah satu destinasi favorit untuk berlibur, Eropa memiliki beragam daya tarik yang tak pernah habis. Banyak hal bisa ditemui, termasuk jejak Islam yang menarik untuk ditelusuri.

Tentunya tidak hanya cantik, destinasi bernuansa Islam tersebut juga kaya dengan nilai sejarah dan religi. Berikut enam destinasi di Eropa yang memiliki jejak Islam berdasarkan Skyscanner:

1. Spanyol
Selama ini Spanyol dikenal sebagai negara seksi yang menjadi tempat terbaik untuk berpesta, juga tercatat sebagai salah satu negara dengan peninggalan Islam terbesar di Eropa. Cordoba, Granada, dan Seville, menjadi kota yang sangat kental dengan peradaban Islam. Mosque of Cordoba yang cantik dan Medina Azahara yang megah menjadi dua destinasi wajib kunjungi.

Sementara di Granada, Anda bisa berwisata ke Istana Alhambra yang merupakan simbol puncak kejayaan Islam di Spanyol. Jangan lewatkan juga berwisata ke Seville, Menara Giralda dan Alcazar of Seville.

2. Perancis
Ada dua destinasi bernuansa Islami di Perancis yang selalu ramai oleh wisatawan. Pertama, La Grande Mosquee de Paris, masjid tertua di Prancis yang dibangun sejak 1926. Masjid megah dengan arsitektur cantik ini tidak hanya menjadi tempat beribadah, juga berfungsi sebagai pusat studi Islam dan tempat berkumpulnya umat muslim dari beragam penjuru.

Kedua, Musee du Louvre, museum yang menjadi salah satu ikon di Paris. Department of Islamic Art di museum ini menampilkan 3.000 objek karya seni yang menceritakan sejarah perkembangan Islam dari masa ke masa.

3. Bosnia-Herzegovina
Selain dikenal dengan keelokan alamnya, Bosnia-Herzegovina menyimpan jejak peradaban Islam yang tersebar di banyak titik. Seperti masjid cantik Gazi Husrev-beg Mosque yang dibangun sejak abad 16. Masjid ini menampilkan kemegahan peninggalan arsitektur Ottoman.

Ada juga kota tua yang kaya akan nilai sejarah, Bascarsija dan taman cantik yang asri Vrelo Bosne menjadi dua tempat menarik yang tidak boleh dilewatkan. Kunjungi juga Stari Most, jembatan tua yang dikenal sebagai simbol Bosnia-Herzegovina dan masuk dalam daftar 20 jembatan terindah di dunia.

4. Yunani
Jejak Islami di Yunani bisa dilihat di Museum Benaki yang menampilkan peninggalan sejarah selama 13 abad dan berfokus pada peran Islam dalam dunia Mediterania. Museum of Greek Folk Art yang menempati Tzistarakis Mosque yang menjadi satu-satunya peninggalan masjid di Yunani juga wajib Anda kunjungi.

5. Rusia
Ada tiga destinasi bernuansa Islam yang wajib dikunjungi di Rusia. Pertama, Saint Basils Cathedral di Red Square, salah satu ikon Rusia yang menampilkan keindahan arsitektur Byzantine yang menyatukan kebudayaan Islam dan Kristen. Kedua, kota Kazan yang menjadi pusat perkembangan Islam di Rusia.Ada juga Qolşarif Mosque yang merupakan masjid termegah di Rusia. Dan terakhir, sempatkan untuk mengunjungi Bolghar, kawasan kota tua yang unik, kota yang kaya akan nilai sejarah.

6. Jerman
Islam menjadi agama terbesar kedua yang dianut warga Jerman. Tercatat terdapat 40.000 umat muslim bermukim di Berlin. Kota ini menjadi salah satu destinasi populer bagi wisatawan muslim, di mana terdapat Sehitlik-Moschee, masjid nan megah dengan gaya arsitektur Ottoman dan hasil karya arsitek ternama dari Turki.

Uniknya, Sehitlik-Moschee dibangun di tengah area permakaman yang dulunya berfungsi sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi para Syuhada dari Turki. Selain Sehitlik-Moschee, ada sekitar 69 masjid lain yang menyebar di banyak titik di Berlin. Kunjungi juga Munich, Hamburg, dan Frankfurt yang bersahabat dengan wisatawan muslim.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5352 seconds (0.1#10.140)