Asupan dan Aktivitas Fisik Anak Wajib Diperhatikan

Jum'at, 15 Juli 2016 - 01:09 WIB
Asupan dan Aktivitas Fisik Anak Wajib Diperhatikan
Asupan dan Aktivitas Fisik Anak Wajib Diperhatikan
A A A
JAKARTA - Terkadang orangtua melarang anak untuk terlalu banyak melakukan aktivitas fisik. Padahal hal itu baik untuk kesehatan. Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan, utamanya aktivitas yang ringan.

Dokter pemerhati gaya hidup Dr Grace Judio - Kahl, MSc, MH menjelaskan, aktivitas ringan itu seperti banyak gerak. “Kejar-kejaran, naik turun tangga, main bola, dan lainnya," kata Dr Grace di acara Milo Champ Squad, Jakarta, Kamis (14/07/2016).

Selain itu, aktivitas fisik untuk anak - anak usia sekolah dengan usia 9 hingga 12 tahun, maka aktivitas fisiknya harus diimbangi dengan kebutuhan energi dan nutrisi yang seimbang, sesuai dengan kebutuhan anak yang tengah tumbuh kembang.

"Makanannya disesuaikan dengan kebutuhan tumbuh kembang anak. Nah, masalahnya sekarang ini orangtua terlalu sibuk, malah terkadang orangtua tidak memikirkan tumbuh kembang anak dan terkadang orangtua asal kasih makan. Jadi hasilnya (perkembangan anak) berbeda," jelasnya.

Pada anak dengan usia 7 sampai 9 tahun, umumnya membutuhkan 49 gram protein, 1.000 mg kalsium, dan 10 mg zat besi untuk memenuhi kebutuhan energi satu hari penuh. Kecukupan asupan gizi ini pun bisa membantu mendukung anak-anak dalam berkegiatan. Mulai belajar, bermain dan olahraga.

"Karena itu, energi harus seimbang antara energi yang masuk dengan energi yang keluar. Jika tidak seimbang akan terjadi sesuatu dalam tubuhnya. Orangtua tidak tahu energi yang dikeluarkan oleh anak dan ini penting. Sementara jika tidak ada aktivitas, tidak ada stimulus pertumbuhan," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6544 seconds (0.1#10.140)
pixels