Waspada! Suhu Minuman Terlalu Panas Picu Kanker

Senin, 18 Juli 2016 - 09:22 WIB
Waspada! Suhu Minuman Terlalu Panas Picu Kanker
Waspada! Suhu Minuman Terlalu Panas Picu Kanker
A A A
JAKARTA - Badan Internasional untuk Riset Kanker (IARC) mengungkapkan, bahwa mengonsumsi minuman di atas suhu 65 derajat celcius bisa memicu kanker esofagus atau kanker kerongkongan.

Dilansir dari VOA, hal ini berdasarkan penelitian terhadap studi-studi di Iran, China dan Amerika Selatan. Di mana negara tersebut, kerap menyajikan minuman seperti teh dan kopi dalam suhu 70 derajat celcius atau lebih.

Sementara di negara maju, kanker esofagus kerap disebabkan oleh merokok dan alkohol. Namun, umumnya kanker terjadi di negara yang kerap mengonsumsi minuman dengan suhu yang sangat tinggi.

Para peneliti pun menilai, minuman panas sama seprti timbal, bensin dan asap kendaraan sebagai salah satu pemicu kanker. Selain itu, penemuan ini juga menunjukkan bahwa suhu menjadi salah satu pemicu terbesar kanker dibandingkan apa yang dikonsumsi.

"Hasil analisis menunjukkan bahwa minum minuman yang sangat panas adalah satu sebab yang mungkin dari kanker esofagus dan bahwa suhu, bukannya minuman itu sendiri, yang tampaknya merupakan faktor penyebab," papar Direktur IARC Christopher Wild.

Sementara, di seluruh dunia, kanker esofagus merupakan kanker yang paling umum ke-8 dan menyebabkan sekitar 400 ribu kematian pada tahun 2012.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5533 seconds (0.1#10.140)
pixels