8 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Wajib Dikunjungi

Selasa, 09 Agustus 2016 - 16:20 WIB
8 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Wajib Dikunjungi
8 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Wajib Dikunjungi
A A A
JAKARTA - Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB, atau yang lebih dikenal dengan sebutan UNESCO, baru-baru ini merilis 21 situs warisan budaya terbaru. Dari jumlah tersebut diketahui memiliki keindahan dan nilai sejarah yang tinggi.

Dari 21 situs baru ini, delapan di antaranya harus masuk ke dalam list perjalanan Anda. Berikut delapan situs warisan dunia UNESCO terbaru yang wajib dikunjungi.

1. Hubei Shennongjia, China
Terletak di area Provinsi Hubei, tempat ini adalah salah satu hutan kuno terbesar di negara Tiongkok. Hutan lebat ini menjadi tempat penting bagi pengembangan penelitian botani dan rumah bagi sejumlah satwa liar yang terancam punah, seperti monyet berhidung pesek, macan tutul, dan beruang hitam Asia.

2. Khangchendzonga National Park, India
Khangchendzonga National Park merupakan tempat suci bagi masyarakat adat Sikkim di India. Terletak di area gunung tertinggi ketiga di dunia, yaitu Gunung Khangchendzonga, wilayah taman nasional yang luas ini meliputi area lembah, danau, gletser dan hutan kuno.

3. Pampulha Modern Ensemble, Brasil
Dibangun pada tahun 1940 di sekitar danau buatan di Belo Horizonte, situs ini merupakan pusat budaya dan rekreasi yang dirancang oleh arsitek ternama dan legendaris asal Brasil, Oscar Niemeyer bersama seniman inovatif. Anda bisa menjelajahi Sungai dan Hutan Amazon.

4. Mistaken Point, Kanada
Anda bisa melakukan hal yang berbeda di Mistaken Point. Pada tebing sepanjang 17 kilometer di sebelah tenggara pantai Newfoundland, ada beberapa fosil laut tertua di dunia yang terbentuk pada lebih dari 560 juta tahun yang lalu. Jangan lupa untuk menjelajahi daerah perkotaan kecilnya yang memiliki desain bangunan unik dan berwarna-warni.

5. Kepulauan Revillagigedo, Meksiko
Kepulauan terpencil yang terletak di bagian timur Samudera Pasifik ini merupakan bagian dari sebuah pegunungan terendam. Kepulauan yang terdiri atas empat buah pulau ini, Clarion, San Benedicto, Socorro, dan Roca Partida, merupakan tempat bersarang dan berkembang biaknya ribuan burung laut.

6. Pelabuhan Antigua, Antigua dan Barbuda
Pelabuhan ini telah lama menjadi tempat bertemunya pelaut, pedagang, dan wisatawan Eropa. Selain menikmati panorama indah teluk sempit dan dalam dari salah satu bukit tingginya, Anda bisa berenang, diving, atau bersantai di salah satu pulau kecil yang terkenal keindahannya.

7. The Persian Qanat, Iran
Di Iran, terdapat sistem irigasi bawah tanah kuno (Qanat) yang panjang dan berfungsi untuk menjaga distribusi air di segala penjuru kota. Sistem irigasi inilah yang disebut The Persian Qanat.

8. Reruntuhan Kota Ani, Turki
Kota yang berada di jalan lintas perdagangan internasional pada 1.500 tahun yang lalu ini berada di Sungai Akhurian pada satu sisi dan pegunungan berbahaya di sisi lainnya. Situs ini merupakan salah satu kebanggaan warga Turki.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5577 seconds (0.1#10.140)