Lagu Photograph Milik Ed Sheeran Dituduh Menjiplak

Rabu, 10 Agustus 2016 - 12:18 WIB
Lagu Photograph Milik Ed Sheeran Dituduh Menjiplak
Lagu Photograph Milik Ed Sheeran Dituduh Menjiplak
A A A
LOS ANGELES - Salah satu dari lagu hits Ed Sheeran saat ini sedang dalam perdebatan panas. Penyanyi pemenang Grammy ini kabarnya tengah digugat oleh Martin Harrington dan Thomas Leonard, dan perusahaan mereka, HaloSongs yang menyatakan bahwa lagu Sheeran yang berjudul Photograph telah menjiplak lagu mereka di tahun 2009 yang berjudul Amazing.

Single ciptaan Harrington dan Leonard tersebut dinyanyikan oleh Matt Cardle, pemenang ajang pencarian bakat musik, The X Factor pada tahun 2010. Para penggugat saat ini diwakili oleh Richard Busch, pengacara yang sama yang mewakili keluarga Marvin Gaye yang baru-baru ini terkait dengan kasus serupa.

Dilansir Eonline, pada dokumen pengadilan tertulis bahwa, kemiripan lagu mencapai esensi dari pekerjaan. Kesamaan melampaui substansial, yang itu sendiri cukup untuk menetapkan pelanggaran hak cipta. Selain itu, dijelaskannya bahwa terdapat kesamaan kata, gaya vokal, melodi vokal, serta hal-hal lain yang menunjukkan bahwa Photograph menjiplak Amazing.

“Klien saya adalah penulis lagu profesional. Pekerjaan mereka adalah hidup mereka dan saya merasa terhormat bahwa mereka telah mempercayai saya dengan hal yang sangat penting ini. Kami mengumpulkan fakta dalam gugatan secara rinci,” kata Busch.

Para penggugat telah memperkirakan bahwa terdakwa (termasuk Sheeran) memiliki keuntungan lebih dari USD 20 juta, dan mereka kemungkinan akan menuntut royalti yang setimpal. Sementara dari pihak Sheeran hingga kini masih belum bisa dihubungi untuk dimintai keterangan lebih lanjut.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8415 seconds (0.1#10.140)