5 Jenis Kopi Terbaik di Indonesia

Jum'at, 19 Agustus 2016 - 08:18 WIB
5 Jenis Kopi Terbaik di Indonesia
5 Jenis Kopi Terbaik di Indonesia
A A A
JAKARTA - Perkembangan industri kopi di Indonesia seiring waktu mengalami kemajuan dan peningkatan. Area Manager & Certified Q Grades dari Djournal Coffee Sendydjaja, mengatakan bahwa kelebihan dari biji kopi Indonesia adalah dari keragaman varietasnya dan kualitas yang kini sudah semakin baik.

"Biji kopi Indonesia itu kelebihannya varietasnya banyak, beraneka ragam. Apalagi sekarang ini kan semakin banyak kafe buka dimana-mana jadi dari sisi petaninya sekarang sudah mulai pelan-pelan meningkatkan kualitas. Jadi sekarang udah mulai bagus, ada peningkatan, ada improve, dan makin lama makin beragam," jelasnya kepada Sindonews beberapa waktu lalu.

Menurutnya, ada lima jenis kopi yang terbaik di Indonesia. Berikut lima kopi Indonesia terbaik yang patut untuk dicoba oleh para pecinta kopi.

1. Kopi Papua
Karena memang dari segi geografis itu, memungkinkan kopi mereka rasanya menarik.

2. Kopi Sumatera
Jadi kayak Aceh Gayo, Mandailing, dan yang lainnya. Karena kopinya memang memiliki rasa yang sangat pekat, sangat kuat, yang cocok sekali dengan orang Indonesia. "Karena orang indo ibaratnya minum kopi kalo ngga kentel itu nggak berasa" tambah Sendy.

3. Kopi Flores
Kopi ini cukup menarik karena rasanya beragam kacang-kacangan. "Aku pernah coba kopi Flores yang rasanya kayak red wine. Jadi pekat, manis, nutty, citrus, enak banget," ujarnya.

4. Kopi Jawa
Karena kopi Jawa itu relatif manis. "Jadi mayoritas kopinya mau diolah sesalah apapun rasanya manis" ungkap Sendy.

5. Kopi Sulawesi
Sulawesi itu jarang untuk kopi, emang susah. Tapi ada kopi dari daerah Enrekang. "Ciri khasnya itu dia kalau di roasting biasa nggak bisa, diseduh biasa juga nggak bisa. Tapi kalau dia diseduh dengan cara yang pas, rasanya benar-benar pekat, dalam, dan kalau abis minum itu rasanya hangat," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7591 seconds (0.1#10.140)