Obat Kumur Bisa Basmi Ketombe dan Kutu Rambut

Selasa, 27 September 2016 - 05:10 WIB
Obat Kumur Bisa Basmi Ketombe dan Kutu Rambut
Obat Kumur Bisa Basmi Ketombe dan Kutu Rambut
A A A
KANADA - Obat kumur ternyata tak hanya mampu membersihkan dan menjaga kesehatan mulut, juga dipercaya bisa membasmi ketombe hingga kutu rambut. Seperti yang dilakukan beauty vlogger asal Kanada, Farah Dhukai. Melalui akun Instagram pribadinya, Farah membagikan tips unik ini.

Dilansir Cosmopolitan, dalam video yang diunggahnya di Instagram, Farah menunjukkan cara menghilangkan kutu dan ketombe yang bersarang pada rambutnya. Pertama, dia menyiapkan sejumlah peralatan, yakni obat kumur, air, dan botol semprot.

Selanjutnya, isi botol semprot dengan setengah cairan obat kumur dan setengah air, lalu kocok secara perlahan hingga tercampur rata. Selanjutnya, cuci rambut dengan sampo dan semprotkan campuran tersebut ke rambut saat. Namun, pastikan rambut dalam keadaan basah.

Diamkan terlebih dahulu selama beberapa menit dan bilas rambut dengan air bersih. Berkat kandungan menyegarkan dalam obat kumur, kulit kepala akan terasa sejuk. Untuk hasil maksimal, Farah menyarankan agar melakukan secara rutin.

”Kulit kepala akan terasa geli dan sejuk pada kondisi itu dan secara perlahan, kutu serta ketombe akan lenyap," terang Farah.

Kandungan mentol, thymol, eucalyptol, dan metil salisilat pada obat kumur akan bekerja sebagai anti jamur dan anti septik. Dengan kandungan itu, kutu dan ketombe akan hilang. Hal ini dibenarkan ahli kesehatan rambut Carole Michaelides.

“Sebenarnya, obat kumur memang tidak secara khusus membasmi Malassezia yang merupakan jamur pemicu munculnya ketombe. Meski demikian, obat tersebut tetap memiliki efek anti jamur dan sanggup mengurangi iritasi,” terannya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5802 seconds (0.1#10.140)