9 Obat Rumahan Menghilangkan Ketombe dengan Mudah

Selasa, 15 Desember 2020 - 04:36 WIB
loading...
9 Obat Rumahan Menghilangkan Ketombe dengan Mudah
Ketombe mempengaruhi 50% orang. Kulit kepala yang gatal dan mengelupas adalah gejala khas dari kondisi ini, juga dapat menyebabkan gejala lain. Bagaimana mengatasinya? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ketombe mempengaruhi hingga 50% orang. Kulit kepala yang gatal dan mengelupas adalah gejala khas dari kondisi ini, tetapi ketombe juga dapat menyebabkan gejala lain seperti bercak berminyak di kulit kepala dan kulit kesemutan.

Penyebab ketombe yang mendasari termasuk kulit kering, dermatitis seboroik, kepekaan terhadap produk rambut dan pertumbuhan jenis jamur tertentu yang hidup di kulit kepala. Meskipun ada banyak produk yang dijual bebas yang dirancang untuk mengatasi ketombe, pengobatan alami bisa jadi sangat efektif. (Baca juga: Hilangkan ketombe dengan Minyak Zaitun? Bisa Banget )

Berikut adalah 9 pengobatan rumahan sederhana untuk menghilangkan ketombe secara alami dilansir dari Healthline.

1. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi keparahan dan gejala ketombe. Faktanya, menurut sebuah ulasan, minyak pohon teh efektif melawan strain spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe

2. Minyak kelapa
Sifat antimikroba potensial dari minyak kelapa dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi gejala eksim dan ketombe. Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe.

3. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Hasilnya, ini dapat membantu mengurangi peradangan dan gejala ketombe. Terlepas dari hasil yang menjanjikan ini, penelitian tambahan diperlukan untuk melihat bagaimana lidah buaya dapat secara langsung memengaruhi ketombe.

4. Minimalkan tingkat stres
Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi penyebab ketombe. Stres juga sering mendahului episode dermatitis seboroik, salah satu penyebab ketombe yang paling umum.

5. Cuka sari apel
Cuka sari apel dikatakan membantu mengangkat sel kulit mati dan menyeimbangkan pH kulit kepala. Selain itu, penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa hal itu dapat mencegah pertumbuhan jenis jamur tertentu.

6. Aspirin
Aspirin mengandung asam salisilat, bahan yang ditemukan di banyak sampo anti ketombe. Asam salisilat telah terbukti efektif dalam pengobatan dermatitis seboroik dan ketombe. (Baca juga: Vaksin Sinovac Tunggu Izin BPOM, Kapan Mulai Disuntikan? )

7. Omega 3
Asam lemak omega-3 penting untuk kesehatan kulit dan dapat membantu mengurangi peradangan. Kekurangannya bisa menyebabkan kulit kering, rambut kering dan ketombe.

8. Makan lebih banyak probiotik
Probiotik dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan dan telah terbukti mengurangi keparahan ketombe.

9. Baking soda
Baking soda memiliki sifat antijamur dan dapat membantu meredakan gatal dan iritasi kulit.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)