5 Tips Sederhana Membeli Oleh-oleh saat Berlibur

Rabu, 28 Desember 2016 - 01:08 WIB
5 Tips Sederhana Membeli Oleh-oleh saat Berlibur
5 Tips Sederhana Membeli Oleh-oleh saat Berlibur
A A A
JAKARTA - Membeli oleh-oleh merupakan bagian tak terlewatkan saat berlibur. Makanan, minuman hingga pernak-pernik khas destinasi yang dikunjungi pun kerap menjadi incaran.
Namun, tak semua orang bisa memilih oleh-oleh dengan baik.

Sering kali buah tangan yang dibeli, khususnya makanan memiliki kualitas yang buruk. Apalagi jika tidak memperhatikan kualitas barang, tentu ini akan menjadi hal yang paling menyebalkan.

Agar tidak menyesal membeli oleh-oleh saat berlibur, berikut tips membeli oleh-oleh yang dirangkum Sindonews dari berbagai sumber.

1. Tidak membeli oleh-oleh saat sibuk
Ada baiknya membeli oleh-oleh tidak dalam keadaan sibuk. Pasalnya Anda tidak bisa memilih barang yang diinginkan dengan kualitas baik. Akibatnya, risiko mendapatkan barang dengan kualitas buruk pun menjadi lebih besar.

2. Perhatikan jarak perjalanan
Ini berlaku jika membeli oleh-oleh berupa makanan. Makanan yang memiliki bau menyengat dengan jarak tempuh yang lama menyebabkan makanan mudah basi.

3. Ada banyak tempat berbelanja oleh-oleh
Anda bisa mengunjungi mal hingga pasar tradisional. Idealnya, sebelum berbelanja Anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar tentang pusat oleh-oleh. Anda bisa bertanya kepada petugas hotel tempat menginap atau masyarakat sekitar yang ditemui.

4. Makanan dan minuman khas daerah
Saat berlibur ke suatau tempat, membeli oleh-oleh khas setempat menjadi buah tangan yang wajib dibeli. Apalagi jika makanan dan minuman tersebut memiliki rasa yang lezat. Namun, pastikan tanggal kadaluarsa dan juga kemasan. Pilih tanggal kadaluarsa yang masih jauh dari tanggal membeli.

5. Buget terbatas
Bagi Anda yang memiliki anggaran belanja pas-pasan, pastikan tidak membeli oleh-oleh di bandara. Umumnya, bandara akan membandrol berbagai macam barang dengan harga yang lebih mahal.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6297 seconds (0.1#10.140)