Nonton Drama Korea Goblin Ternyata Baik untuk Kesehatan

Selasa, 28 Februari 2017 - 18:23 WIB
Nonton Drama Korea Goblin Ternyata Baik untuk Kesehatan
Nonton Drama Korea Goblin Ternyata Baik untuk Kesehatan
A A A
JAKARTA - Tak hanya menghibur, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa gemar menonton drama Korea yang mampu menguraikan air mata, seperti Goblin ternyata baik untuk kesehatan.

"Kesedihan adalah emosi negatif yang tidak kita nikmati merasakannya, dan fiksi tragis membuat kita sedih. Namun, rupanya orang-orang menikmati fiksi tragis," papar profesor asisten bidang psikologi di University of Oklahoma, Jennifer Barnes dalam sebuah interview dengan majalah Time.

Dilansir dari Health, Barnes menjelaskan, fiksi tragis memberikan katarsis. Selain itu, penelitian lainnya pun menunjukkan bahwa setelah menangis, umumnya seseorang akan merasa lebih baik.

Fakta lainnya adalah, menonton drama TV mampu meningkatkan kecerdasan emosional hingga kemampuan untuk membaca pikiran atau merasakan perasaan orang lain. Dalam hal ini, Barnes pun membuktikan dengan menggunakan serial TV The Good Wife.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa menonton serial TV yang menampilkan banyak emosi dan kasih sayang bisa membuat Anda menjadi lebih baik hati dan penyayang. Namun, jika merasakan sedih lebih dari beberapa jam setelah menonton serial TV, hal ini menandakan Anda terlalu terlibat dengan tokoh-tokoh tersebut.

"Jika Anda merasa sedih sampai beberapa hari atau minggu setelahnya, dan hal itu menimbulkan tekanan dalam kehidupan Anda, itu bisa jadi Anda terlalu terinvestasi pada serial fiksi tadi," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8793 seconds (0.1#10.140)