Kue Yogurt Sirup Lemon Hidang untuk Momen Spesial

Selasa, 07 Maret 2017 - 06:06 WIB
Kue Yogurt Sirup Lemon Hidang untuk Momen Spesial
Kue Yogurt Sirup Lemon Hidang untuk Momen Spesial
A A A
JAKARTA - Membuat hidangan penutup atau dessert untuk momen special seperti kumpul keluarga, arisan, atau ulang tahun terkadang membutuhkan waktu dan tenaga esktra. Ini karena proses embuatnya yang cenderung lama dan rumit.

Akan tetapi, sekarang tidak lagi. Anda bisa membuat sajian dessert istimewa yang tak hanya lezat, juga dengan proses memasak yang cukup sederhana dan cepat.

Hanya dalam waktu kurang dari satu jam, Anda sudah dapat membuat Kue Yogurt Sirup Lemon. Berikut ini cara membuatnya seperti dikutip Taste.com.au.

Bahan-bahan:
250 gram mentega, lelehkan
3 sdt parutan kulit lemon
170 gram gula kastor
3 butir telur
360 gram yogurt Yunani
4 sdm air jeruk lemon
225 gram tepung self-rising
75 gram tepung terigu

Sirup lemon:
4 sdm air jeruk lemon
150 gram gula kastor
60 ml air dingin

Cara membuat:
Panaskan oven sampai 180° C. Siapkan loyang dengan diameter 24 cm, kemudian lapisi dengan kertas roti dan olesi dengan sedikit mentega.

Gunakan mixer listrik, campurkan mentega, kulit lemon dan gula sampai tercampur rata dan lembut. Tambahkan telur, satu per satu secara perlahan sambil mixer terus menyala. Tuangkan adonan ke dalam mangkuk besar. Tambahkan setengah yoghurt dan setengah jus lemon, aduk rata kembali.

Ayak setengah tepung ke dalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan sisa yoghurt, jus lemon dan tepung, aduk rata hingga tidak ada yang menggumpal, kemudian tuang ke dalam loyang.

Panggang adonan selama 50 menit atau sampai matang dan berwarna cokelat keemasan. Matikan oven dan diamkan kue tetap di dalam loyang selama 10 menit. Sisihkan.

Sementara, untuk membuat sirup lemon, campurkan jus lemon, gula dan air ke dalam panci di atas api kecil. Aduk selama 2 sampai 3 menit atau sampai gula larut. Besarkan api sedikit, kemudian didihkan.

Kecilkan api, panaskan kembali selama 3 sampai 5 menit atau sampai mengental. Tuangkan sirup panas di atas kue panas. Tambahkan kulit lemon secukupnya di atasnya, sajikan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6788 seconds (0.1#10.140)