Chef Degan Ajak Generasi Muda Lestarikan Kuliner Fusion Nusantara

Kamis, 09 Maret 2017 - 01:12 WIB
Chef Degan Ajak Generasi...
Chef Degan Ajak Generasi Muda Lestarikan Kuliner Fusion Nusantara
A A A
JAKARTA - Kuliner fusion yang memadukan hidangan Jepang dengan Indonesia atau Italia-Indonesia cukup populer. Ini karena rasanya yang sensasional. Namun chef Degan Septoadji lebih mengajak generasi muda untuk menghidangan kuliner fusion Nusantara agar kuliner khas Indonesia bisa terjaga kelestariannya.

“Saya suka mendorong anak muda untuk bikin fusion tapi fusion Nusantara, misalnya masakan Jawa sama masakan Bali digabung. Jadi jangan ambil Italia sama Indonesia. Kamu sudah paham belum masakan Italia yang benar gimana? Harus dipahami dulu, nggak gampang,” kata Degan.

Sementara, membuat hidangan yang berasal dari cirri khas Indonesia ini akan lebih baik lantaran pemahaman mengenai kuliner tersebut jauh lebih besar. Selain itu, perpaduan kuliner Nusantara juga akan lebih cocok dinikmati oleh lidah orang Indonesia karena rasanya yang telah dikenal sejak dahulu.

“Jadi kita mending bikin sesuatu yang kita ngerti. Contoh di restoran saya, saya punya masakan namanya Daging Suwir Sambal Matah. Itu saya bikin daging serundeng, tapi nggak dikasih kelapa, abis digoreng panas-panas saya suwir terus saya campur sambal matah Bali, itu luar biasa,” jelas Degan.

“Karena sebetulnya itu masakan Jawa dipadukan dengan Bali dan ketika dicoba cocok. Orang bisa gila-gilaan makannya pakai nasi. Nah, ini adalah masakan yang kita kenal, comfort food-nya orang Indonesia. Jadi ngapain mesti cari yang kita nggak kenal? Stay aja di sini, rasanya cocok, enak,” bebernya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9691 seconds (0.1#10.140)