Jangan Lakukan Tatanan Rambut Ini

Rabu, 15 Maret 2017 - 01:08 WIB
Jangan Lakukan Tatanan Rambut Ini
Jangan Lakukan Tatanan Rambut Ini
A A A
JAKARTA - Menata rambut dengan cara mengikat kuncir kuda kerap dilakukan banyak wanita. Cara ini dipilih, khususnya saat terburu-buru untuk memulai aktivitas di pagi hari atau saat cuaca panas.

Kuncir kuda memang mudah dilakukan dan praktis, namun cara ini sangat tidak dianjurkan para pakar. Alasannya, bisa menyebabkan rasa sakit akibat helai rambut dan kulit kepala yang stres karena seharian diikat dan tertarik.

“Anda melihat rambut terikat, tetapi yang terjadi adalah siksaan pada helai rambut dan kulit kepala,” kata direktur khusus gangguan rambut di Kaiser Permanente di California Utara Dr Paradi Mirmirani seperti dilansir Today.

Saat rambut diikat terlalu kuat, hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi tertarik dan trauma pada kelenjar minyak di kepala. Kondisi ini pun semakin parah bagi wanita yang memiliki rambut panjang.

"Satu ikatan rambut merupakan satu struktur yang bisa menciptakan kumpulan stres. Serat rambut juga sulit bernapas,” jelasnya.

Dijelaskannya, tidak ada penanganan cepat saat rambut terasa sakit. Namun, pakar rambut rontok dari Chicago Dr Shani Francis mengatakan, rasa sakit pada rambut yang berlebihan merupakan salah satu tanda terjadinya kerontokan rambut secara dini.

“Rambut yang sering diikat kencang bisa menyebabkan rambut rontok, botak, dan pitak,” kata Dr Shani.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0233 seconds (0.1#10.140)