Nasi Bancakan, Gugah Selera Nusantara

Selasa, 25 April 2017 - 08:19 WIB
Nasi Bancakan, Gugah Selera Nusantara
Nasi Bancakan, Gugah Selera Nusantara
A A A
PEKALONGAN - Kebanyakan hotel menyediakan menu makanan bagi para tamunya memiliki citarasa barat atau negara luar lainnya. Berbeda dengan Hotel Horison Pekalongan, yang justru lebih mengandalkan menu tradisional untuk memanjakan pelanggannya.

GM Horison Arif Bahtiar mengatakan, menu nasi bancakan tersebut baru sekitar sebulan terakhir dilaunching. Namun antusiasme pengunjung hotel setempat.

"Biasanya kami sajikan setelah sarapan," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, hotel setempat sering membuat menu tradisional untuk memanjakan pelanggannya. Salah satunya yakni nasi bancakan tersebut.

"Kami berusaha untuk mengangkat kembali makanan-makanan tradisional, seperti nasi bancakan ini. Rahat kalau orang Pekalongan bilang, atau guyub. Sehingga makannya bersama-sama seperti masyarakat dulu dan juga seperti makan bareng di pondok pesantren," terangnya.

Dijelaskan, minimal order untuk nasi bancakan tersebut empat orang dengan harga antara Rp 100ribu hingga Rp 200ribu. Sedangkan untuk satu orang harga minimal Rp 25ribu dengan menu standart.

"Meni standart isinya antara lain yakni mi, tempe, tahu, gereh, kering, dan nasi biasa. Sedangkan harga diatas itu bisa nambah ayam atau ikan bakar. Selain itu, nasinya bisa milih, ada nasi uduk, nasi bakar, nasi kuning, atau nasi liwet," jelasnya.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, penyajian nasi bancakan juga bisa dilakukan dengan berbagai variasi. Bisa dibuat pincuk, atau nasi bancakan dibuat memanjang layaknya makan bersama di pondok pesantren.

"Menu tambahan antara lain yakni ayam goreng, ikan teri/gereh, tempe/tahu bacem, gudangan, dan kering," ungkapnya.

Dia menambahkan, nasi bancakan tersebut tidak hanya bisa dinikmati oleh pengunjung Hotel Horison Pekalongan. Namun, warga sekitar juga bisa memesan nasi bancakan tersebut.

"Bisa pesan keluar juga, jadi misal masih dikantor belum sempat ke sini. Belum lama ini ada 70 orang pesan langsung dari komunitas Indonesia Mirage Club (IMEC) dari Jakarta mau ke Jogja mampir. Karyawan juga bareng 60 orang lesehan," paparnya.

Sebelumnya, pihaknya juga pernah mendapat pesanan dari ibu-ibu arisan warga Kelurahan Panjang Kecamatan Pekalongan Utara. Ibu-ibu tersebut mengaku melihat nasi bancakan Hotel Horison yang diposting melalui Facebook.

"Pertama kami upload di FB, malamnya langsung ada pesanan dari ibu-ibu arisan warga Kelurahan Panjang. Awalnya mereka juga tanya-tanya, nasi bancakan kok ada di hotel, mungkin itu juga yang membuat unik dan penasaran warga," tambahnya.

Sementara Chef Bambang Sutikno, mengatakan, saat ini pihaknya sedang gencar-gencarnya mengangkat makanan tradisional di hotel setempat. Menu-menu tersebut juga berawal dari permintaan pengunjung.

"Biasanya kalau ada request dari pelanggan, baru dibuatkan nasi bancakan ini. Sehingga nasi bancakan yang kami sajikan ini benar-benar fresh," ujarnya.

Sebagai pelengkap, dia juga membuatkan sejumlah sambel alternatif bagi nasi bancakan tersebut. Sehingga pengunjung bisa memilihnya sesuai selera.

"Ada sambel ulek, sambel terasi, sambel kecap, hingga sambel ijo juga bisa kami buatkan. Tinggal request saja ke kami," tambahnya.

Salah satu pengunjung bernama Nana, 34, mengaku, kangen dengan menu-menu tradisional Indonesia. Sehingga, dia sengaja memesan nasi bancakan sebagai santap sarapannya kemarin.

"Yang trend saat ini kan cenderung fast food. Makanan seperti itu (fast food) kan kurang sehat. Selain itu kurang mengena citarasa nusantaranya," katanya.

Menurutnya, nasi bancakan yang disajikan oleh Hotel Horison Pekalongan itu cukup menarik. Selain terjangkau, pilihannya bervariasi.

"Rasanya enak, pilihannya juga banyak. Kalau bosen dengan ayam, bisa pilih ikan bakar. Menu pendukungnya juga banyak pilihannya, ada tempe/tahu bacem, gudangan, mi, dan yang penting pilihan sambelnya banyak. Kalau saya suka sambel trasinya," akunya.

Bagi anda yang kangen dengan menu-menu kuliner tradisional namun rasa hotel, bisa langsung ke Hotel Horison Pekalongan. Selain bisa mengobati rasa kangen, anda bisa menikmatinya bersama keluarga tercinta bersama-sama.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4311 seconds (0.1#10.140)