Zumba Juga Bermanfaat untuk Lansia

Selasa, 25 April 2017 - 09:20 WIB
Zumba Juga Bermanfaat untuk Lansia
Zumba Juga Bermanfaat untuk Lansia
A A A
JAKARTA - Tak hanya baik untuk usia muda, zumba juga dinilai baik untuk lanjut usia (lansia). Hal ini diungkapkan oleh penelitian American Council on Exercise yang melibatkan 16 pria dan wanita sehat dengan rata-rata usia 63 tahun menggunakan alat pelacak biometrik.

Dilansir dari Time, responden mengambil kelas Zumba Gold versi Zumba khusus para lansia selama 45 menit. Peneliti ingin mengetahui, apakah Zumba Gold bisa meningkatkan kebugaran kardiorespirasi, fungsi sistem jantung, paru-paru, dan pembuluh darah secara optimal atau tidak pada lansia.

Hasilnya pun menunjukkan, bahwa dalam satu sesi Zumba Gold, para lansia berhasil membakar hampir 200 kalori. Tingkat detak jantung pun cukup tinggi dan olahraga ini dinilai sebagai latihan dengan intensitas sedang.

Berdasarkan hasil ini, peneliti menyimpulkan bahwa satu kelas Zumba Gold bisa memacu jantung dan memperbaiki metabolik dan mempertahankan kebugaran kardiorespirasi. Namun, penelitian ini hanya menguji 16 lansia yang mengambil satu kelas, sehingga sulit menarik kesimpulan.

Kendati demikian, Zumba memberikan manfaat besar. Mulai dari memperbaiki keseimbangan hingga kekuatan tubuh.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0526 seconds (0.1#10.140)