Tips Mempersiapkan Pola Makan Menjelang Bulan Puasa

Selasa, 09 Mei 2017 - 21:50 WIB
Tips Mempersiapkan Pola Makan Menjelang Bulan Puasa
Tips Mempersiapkan Pola Makan Menjelang Bulan Puasa
A A A
JAKARTA - Tinggal hitungan hari umat Muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa. Kegiatan ini pun dipercaya, tak hanya menahan lapar dan haus tapi juga menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan.

Ahli gizi dan nutrisi, Desy Nur Arista menjelaskan, puasa bisa membentuk kebiasaan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat hingga menjadi detoksifikasi tubuh untuk membuang racun-racun yang ada di seluruh tubuh. Lebih dari itu, puasa juga bisa menurunkan kadar insulin, kolesterol serta trigliserida.

"Energi dialihkan dari sistem pencernaan ke sistem imun dan proses metabolik sehingga tubuh dapat memulihkan dan membangun kembali secara otomatis. Tubuh mengubah sintesis protein menjadi sel-sel, jaringan dan organ tubuh yang lebih sehat. Sistem pencernaan lebih efisien dalam mencerna dan meningkatkan produksi hormon," papar Desy saat diskusi media Puasa Sehat 2017 bersama Saladstop di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Namun sebelum menjalani puasa, Desy menyarankan untuk mempersiapkan diri. Hal ini pun bertujuan agar tubuh bisa maksimal mendapatkan mafaat tersebut dan menjalankan puasa dengan optimal. Berikut tips mempersiapkan bulan puasa.

1. Siapkan dan latih tubuh makan sedikit lebih banyak
"Yang biasanya makan satu ditambah porsinya menjadi satu setengah. Ditambah sedikit lebih banyak agar tubuh memiliki cadangan lemak sebagai sumber energi saat berpuasa. Kebutuhan kalori juga terpenuhi," jelasnya.

2. Tingkatkan durasi tidak makan dan minum
"Biasakan untuk durasi makan dan minum lebih rendah dari biasanya. Karena saat puasa kita hanya makan dua kali," ungkapnya.

3. Tahan diri untuk konsumsi camilan
"Jangan konsumsi camilan seperti chiki, sebaiknya ganti dengan buah," kata dia.

4. Sibukan diri
"Tetap sibuk sehingga tidak terlalu memikirkan makanan. Tetap beraktivitas seperti biasa," tambahnya.

5. Konsumsi makanan bergizi seimbang
"Konsumsi dengan variasi buah dan sayur kaya serat dan karbohidrat," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4209 seconds (0.1#10.140)