Indonesia Siap Jadi Negeri 100 Ribu Home Stay

Minggu, 21 Mei 2017 - 08:01 WIB
Indonesia Siap Jadi Negeri 100 Ribu Home Stay
Indonesia Siap Jadi Negeri 100 Ribu Home Stay
A A A
INDONESIA memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Sebagai negara kepulauan dengan jumlah lebih dari 17 ribu pulau serta keanekaragaman hayati, budaya, dan sejarah, Indonesia berpeluang besar menarik jutaan wisatawan Nusantara maupun mancanegara.

Angka pertumbuhan kedatangan turis dari mancanegara pun terus meningkat. Menurut Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) trennya positif. "Targetnya naik menjadi sekitar 15 juta kunjungan wisatawan hingga 2019 nanti menjadi 20 juta," papar Dadang.

Kemenpar dalam pengembangan wisata di tanah air pun mulai menggandeng sejumlah instansi terkait. Hal ini sejalan dengan program dengan pemerintah yang ingin memperdayakan desa.

Dari total 75 ribu desa yang tersebar di Indonesia, target besar sekitar 10 % jumlah desa bisa menjadi kawasan wisata. "Ke depannya ingin menjadikan Indonesia sebagai 'Negeri 100 Ribu Home Stay'. Apalagi dengan jumlah 75 ribu desa, kalau masing-masing desa ada 1-2 home stay, artinya cita-cita itu berpeluang bisa tercapai. Nantinya, kami menjalin kerja sama dengan BTN, BUMN dan lainnya. Bilamana ada masyarakat di tempat wisata yang perlu mengubah rumahnya menjadi home stay, nantinya bisa dibantu melalui kerja sama dengan pihak tersebut dalam hal kebutuhan modal."

Pastinya memperbanyak home stay bukan satu-satunya cara untuk mendatangkan wisman ke Nusantara. Masih banyak lagi program-program yang akan dan tengah dijalankan Kemenpar. Seperti apa sajakah itu? Simak selengkapnya di Majalah SINDO Weekly Edisi No.12/VI/2017 yang terbit Senin (22/5/2017).
Indonesia Siap Jadi Negeri 100 Ribu Home Stay
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9330 seconds (0.1#10.140)