Usir Ketombe dengan Baking Soda

Kamis, 13 Juli 2017 - 12:20 WIB
Usir Ketombe dengan Baking Soda
Usir Ketombe dengan Baking Soda
A A A
JAKARTA - Rambut merupakan mahkota wanita yang selalu menjadi daya tarik utama. Oleh karena itu, sebagian besar perempuan rela melakukan perawatan apapun agar rambut tetap terjaga kesehatan dan keindahannya.

Termasuk saat ketombe muncul. Ketombe bisa disebabkan banyak hal, mulai dari kondisi kulit kepala yang bermasalah, stres, hingga gaya hidup yang tidak sehat. Beruntungnya ketombe bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan perawatan menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah.

Apa saja itu? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Sociolla.

1. Baking soda pengganti sampo
Umumnya, baking soda digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan agar lebih mengembang. Namun, baking soda juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti sampo. Kandungan zat yang bertugas untuk mencegah timbulnya jamur di kulit kepala pada baking soda dipercaya bisa mengatasi ketombe. Produk ini juga baik sebagai pembersih.

Cara menggunakannya, cukup menyiapkan 1-3 sendok makan baking soda. Takaran ini disesuaikan dengan panjang rambut Anda. Basahi rambut seperti saat keramas, lalu taburkan baking soda pada kulit kepala, gosok dengan lembut sambil meratakannya. Bilas bersih tanpa menggunakan sampo. Hasilnya, kulit kepala akan lebih sehat dan rambut pun menjadi lebih halus.

2. Sari lemon sebagai serum
Manfaatkan air lemon untuk membantu menghilangkan ketombe sekaligus menyegarkan kulit kepala. Lemon merupakan salah satu buah dari keluarga citrus dengan tingkat keasaman yang tinggi. Kandungan asam alami ini mampu menyingkirkan bakteri dan jamur di kulit kepala yang menyebabkan ketombe.

Anda hanya perlu menyiapkan 2 sendok makan dan 1 sendok teh air lemon perasan yang dicampur dengan segelas air. Setelah keramas, aplikasikan 2 sendok makan air lemon pada kulit kepala dan pijat lembut agar nutrisinya meresap. Setelah itu, bilas rambut dengan segelas air lemon. Kulit kepala pun akan terasa lebih bersih dan segar. Jika ingin mencoba cara ini, pastikan Anda mengetes sensitivitas kulit terlebih dahulu. Pasalnya, lemon mengandung asam yang kuat dan tidak cocok untuk kulit sensitif.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7962 seconds (0.1#10.140)