Tips Sederhana Membuat Batagor Ala Chef Marinka

Jum'at, 21 Juli 2017 - 12:20 WIB
Tips Sederhana Membuat Batagor Ala Chef Marinka
Tips Sederhana Membuat Batagor Ala Chef Marinka
A A A
BANDUNG - Mengangkat tema street food asal Bandung, chef Marinka menghadirkan salah satu jajanan khas Kota Kembang yakni batagor dalam rangkaian menu Aryaduta X Marinka. Namun, berbeda dengan batagor yang biasa Anda temui, kali ini Marinka menambahkan isian batagor berupa telur asin dan telur pitan yang kemudian disajikan dengan saus kacang dan minyak wijen.

"Disini kan saya juga mengangkat temanya street food, jadi saya sajikan dengan rasa berbeda, warnanya juga. Kayak batagor kan saya bikin pakai telur asin dan telur pitan, terus sausnya ditambahin minyak wijen. Jadinya cocok banget tuh," jelas Marinka saat ditemui di Hotel Aryaduta Bandung, Kamis (20/7/2017).

Lebih lanjut mantan juri MasterChef Indonesia ini menjelaskan bahwa inovasinya tersebut terinspirasi dari masakan khas Cina, yakni dim sum. Ia pun memberikan tips sederhana dalam membuat saus kacang dengan minyak wijen serta jika Anda ingin membuat adonan batagor yang lembut, lezat dan kenyal.

"Biasanya batagor kan sausnya hanya pakai kacang, nah ini, terinspirasi dari masakan China, bisa coba pakai minyak wijen terus ditambah sedikit jahe. Tipsnya, bawang putih harus digoreng dulu, terus dipakein jeruk nipis. Jeruk nipis sebelumnya di masukkin si microwave atau di pijat-pijat dulu supaya airnya keluar semua. Jadi rasa sausnya dapat, gurih dan asam segar," paparnya.

Ia memberikan beberapa tips untuk pembuatan batagor. "Kalau tips untuk buat adonannya, ini saya pakainya daging ayam. Bisa juga udang dan ayam dicampur. Tambahkan lada, garam dan gula. Coba dulu sedikit untuk memastikan tekstur dan rasanya sudah pas. Oya, ini pakai tepung sagu ya, agak banyak supaya kenyal. Kalau pakai terigu jadinya keras," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5501 seconds (0.1#10.140)