Tips Sederhana Membuat Donat Gula Isi Stroberi

Rabu, 02 Agustus 2017 - 03:16 WIB
Tips Sederhana Membuat Donat Gula Isi Stroberi
Tips Sederhana Membuat Donat Gula Isi Stroberi
A A A
JAKARTA - Membuat camilan yang sehat, lezat dan disukai anak bukanlah hal yang mudah dilakukan. Namun, Anda dapat berinovasi dan membuatnya dari bahan-bahan yang ada di dapur.

Hanya dengan memadukan tepung, gula, telur dan susu, Anda sudah dapat membuat donat rumahan yang dijamin menggugah selera anak-anak dan keluarga.

Dikutip dari Boldsky, berikut cara mudah membuat Donat Gula Isi Stroberi yang cocok disantap sore hari dengan secangkir teh hangat. Selamat mencoba!

Bahan-bahan:
490 gram tepung terigu
55 gram gula kastor
3 sdt ragi kering
Garam secukupnya
250 ml susu, hangatkan
100 gram mentega, lelehkan
3 butir kuning telur
Minyak canola, untuk deep-fry
Selai stroberi secukupnya
Gula icing secukupnya

Cara membuat:
Campurkan tepung, gula, ragi, dan garam dalam mangkuk, aduk rata. Buatlah lubang ditengahnya. Campurkan susu, mentega dan telur ke dalam adonan, aduk hingga seluruh bahan tercampur rata.

Uleni adonan hingga kalis, masukkan ke dalam mangkuk besar dan tutup dengan plastik foil. Diamkan selama kurang lebih 1 1/2 jam atau sampai adonan mengembang berlipat ganda.

Setelah itu, pukul-pukul adonan dan uleni pada permukaan datar yang telah ditaburi tepung terugu selama 2 menit atau sampai lembut. Gulung adonan dengan rilling pin dengan ketebalan 1 cm. Istirahatkan adonan selama 2 menit.

Gulung kembali adonan dan gunakan pemotong untuk memotong adonan donat. Potong-potong adonan, susun di atas baki kue secara berjajar. Sisihkan selama 30 menit.

Goreng selama 1 menit di setiap sisinya sampai berwarna coklat keemasan. Tempatkan donat di atas piring yang telah dilapisi kertas tisu, birkan minyaknya tiris.

Tuangkan selai stroberi ke dalam kantung pipa. Lubangi sisi samping donat, kemudian isi dengan selai stroberi dan taburi seluruh sisi donat dengan gula icing. Sajikan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6385 seconds (0.1#10.140)