Tips Persiapan Liburan Semakin Nyaman dan Seru

Rabu, 06 September 2017 - 18:19 WIB
Tips Persiapan Liburan Semakin Nyaman dan Seru
Tips Persiapan Liburan Semakin Nyaman dan Seru
A A A
JAKARTA - Liburan merupakan kesempatan bersantai dan menikmati tempat wisata dengan nyaman. Menyiapkan beberapa hal untuk berlibur pasti akan lebih repot. Serta bisa membuat liburan anda akan tidak nyaman.

Mengutip Skyscanner berikut, tips liburan semakin nyaman dan seru.

1. Saat packing
Biasanya saat akan berlibur untuk waktu yang lama, Anda akan membawa lebih banyak pakaian dan mungkin barang lain. Agar koper Anda muat, gulunglah baju ketimbang melipatnya seperti yang biasa Anda lakukan di lemari. Gulunglah pakaian dalam bersama dengan baju untuk lebih menghemat tempat lagi.

2. Scan semua dokumen
Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati dan hal ini juga berlaku saat traveling. Daripada Anda nantinya kesusahan apabila dokumen penting hilang atau rusak saat liburan, maka men-scan semuanya menjadi salah satu solusi terbaik. Scan paspor, tiket, itinerary, KTP, dan dokumen lain lalu kirimkan semuanya melalui email ke alamat email Anda sendiri. Dengan demikian, Anda akan punya salinan dokumen-dokumen penting ini. Selain itu, Anda bisa menyimpannya dalam satu e-mail sehingga memudahkan Anda saat harus mencarinya.

3. Hubungi bank Anda
Jika Anda liburan ke luar negeri, penting untuk memberitahukan kepada bank penerbit kartu kredit/debit Anda sehingga tidak akan ada transaksi pembayaran yang tertunda karena pihak bank mengira kartu Anda dibajak. Bahkan saat saya traveling di Indonesia dan membeli barang dari luar negeri, bank penerbit kartu kredit saya selalu mengkonfirmasi apabila terjadi transaksi di luar negeri. Hal ini perlu mereka lakukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan Anda.

4. Hindari antrean toilet di bandara
Selain area pengambilan bagasi, toilet umumnya adalah tempat yang juga paling ramai didatangi setelah pesawat landing. Untuk menghindari antrean panjang, gunakanlah toilet di pesawat ketika Anda mendengar pengumuman dari pilot yang menyatakan bahwa pesawat akan tiba di tujuan. Biasanya terdapat jeda waktu sekitar 15-20 menit dari pengumuman itu sampai Anda benar-benar harus duduk di kursi karena pesawat akan landing. Ini tentu waktu yang cukup bagi Anda untuk sekedar buang air kecil.

5. Agar bagasi cepat keluar
Meminta petugas checkin melabel bagasi Anda dengan stiker “Fragile” tak hanya akan membuat bagasi Anda ditangani dengan lebih hati-hati, tetapi juga dapat membuatnya dikeluarkan/diturunkan terlebih dahulu di conveyer. Petugas tentu akan bertanya alasan Anda meminta label itu dipasang, jadi pastikan barang “fragile” tersebut memang benar-benar ada di dalam koper Anda.

6. Jangan bongkar semuanya
Saat tiba di kamar hotel, sebaiknya Anda hanya mengeluarkan barang yang akan Anda gunakan dalam waktu dekat. Membongkar semuanya hanya akan membuat Anda kerepotan saat packing untuk pulang dan barang pun memiliki resiko lebih besar untuk ketinggalan. Oleh karena itu, cermatlah sedari awal Anda packing. Barang yang paling sering atau lebih dulu Anda gunakan harus diletakkan di bagian atas.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3697 seconds (0.1#10.140)