Waspada, Pria Lebih Rentan Terkena Kanker Paru-Paru!

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 01:30 WIB
Waspada, Pria Lebih Rentan Terkena Kanker Paru-Paru!
Waspada, Pria Lebih Rentan Terkena Kanker Paru-Paru!
A A A
JAKARTA - Kanker paru-paru merupakan penyakit dengan ciri khas adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru. Jika tidak dirawat, pertumbuhan sel ini dapat menyebar ke luar dari paru-paru melalui suatu proses yang disebut metastasis ke jaringan yang terdekat atau bagian tubuh yang lainnya.

Spesialis patologi anatomi dari RSK Dharmais dr. Evalina Suzana mengatakan pria paling mudah terkena kanker paru. Ini karena lebih banyak pria yang merokok dibandingkan wanita.

"Pria itu lebih banyak rentan terkena kanker paru karena banyak yang merokok 70%. Karena pria banyak lebih perokok aktif ketimbang wanita," uja dr Evalina Suzana di Jakarta, Jumat (6/10/2017)

Penderita kanker paru memiliki kualitas hidup tidak lama. Sebab, kanker paru merusak organ vital yang membuat penderita akan lebih cepat meninggal.

"Kanker paru itu lebih buruk untuk harapan hidupnya. Karena paru itu udah organ terakhir. Karena kalau udah naik ke paru udah naik ke stadium lima dan itu paling bertahan satu tahun untuk kualitas hidupnya," papar dia.

Tidak hanya itu, gejala kanker paru tidak bisa dilihat atau dirasakan secara kasat mata. Sebab, kanker paru bisa terdektesi dengan pemeriksaan screening.

"Mereka jarang menimbulkan gejala yang mudah kita pahami. Kanker paru tidak seperti kanker payudara yang bisa dikenali gejala-gejalanya," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7579 seconds (0.1#10.140)