Taman Safari Hadirkan Istana Panda Indonesia

Jum'at, 03 November 2017 - 08:22 WIB
Taman Safari Hadirkan Istana Panda Indonesia
Taman Safari Hadirkan Istana Panda Indonesia
A A A
BOGOR - Taman Safari Indonesia menghadirkan exhibit bernama Istana Panda Indonesia. Bangunan ini sebagai rumah sepasang giant panda bernama Cai Tao dan Hu Chun dari China yang tiba di Tanah Air pada 28 September 2017.

Berada di dalam kawasan konservasi terpadu Taman Safari Indonesia, Istana Panda Indonesia terletak di ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut dan dilengkapi dengan beragam fasilitas.

"Di lantai dua ada fasilitas kesehatan dan penelitian satwa khusus untuk perwatan kesehatan dan penelitian pada. Terdapat fasilitas untuk kebutuhan sehari-hari panda seperti kandang tidur, area pengolahan pakan panda, ruang periksa general check up terpisah tidak untuk satwa lain, laboratorium, nursey dan breeding den untuk panda masa reproduksi dan melahirkan," kata Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manansang saat jumpa pers di Taman Safari, Bogor, belum lama ini.
Taman Safari Hadirkan Istana Panda Indonesia

Selain kesehatan, fasilitas lain adalah pendidikan. Pengunjung Istana Panda Indonesia akan mendapatkan pengalaman berupa serangkaian informasi dalam tur edukasi yang berpusat di lantai tiga. Seperti gambaran habitat asal giant panda, replika dari beberapa sarana medis perawatan panda, informasi pertumbuhan panda hingga ruang teater yang mampu menampung 100-150 orang.

"Teater ini akan menampilkan video singkat berisi info menarik mengenai budaya negeri China, pengetahuan umum tentang panda dan perjalanan mendatangkan sepasang panda ke Indonesia. Karena ini video sebentar, jadi pengunjung tidak duduk, cukup berdiri," jelasnya.

Selain itu, di lantai tiga ini juga terdapat dua lokasi indoor bagi Cai Tao dan Hu Chun yang difasilitasi pendingin udara dan kaca kedap suara untuk kenyamanan mereka. Ada juga area outdoor untuk bermain para panda.

Memiliki arsitektur bergaya oriental Insatana Panda juga dilengkapi dengan area rekreaksi berupa Chinese garden, sky walk, area satwa tunggang hingga panda resto.

"Area hiburan ini untuk memberikan pengunjung pengalaman tamasya yang menyenangkan. Kita punya panda resto dengan citarasa kuliner oriental hingga nusantara. Chinese garden, taman cantik dengan tema budaya China, ada juga red panda, takin, spesies kambing gunung. Sky walk, anjungan lantai kaca tempat pengunjung berfoto dengan latar belakang gunung. Area satwa tunggang, lapangan outdoor pengunjung bisa menunggangi kuda poni dan unta," tambahnya.

Berkolaborasi dengan Jon Coe, ahli rancang kelas dunia, Istana Panda juga dilengkapi toko cinderamata. Sementara, untuk mengunjungi istana ini, pengunjung dikenakan biaya tambahan.

"Seluruh souvenir kita dari lokal dan untuk masuk ke Istana, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan. Nggak bayak ko. Karena kesini aja sudah jauh dan menggunakan bus khusus dan kita juga enggak mungkin menyediakan lahan parkir disini," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9561 seconds (0.1#10.140)
pixels