Diet Mediterania Bantu Tubuh Kuat Hingga Usia Senja

Rabu, 17 Januari 2018 - 23:30 WIB
Diet Mediterania Bantu...
Diet Mediterania Bantu Tubuh Kuat Hingga Usia Senja
A A A
JAKARTA - Diet mediterania diklaim bisa membantu tubuh menjadi lebih kuat hingga usia senja. Hal ini terbukti melalui penelitian yang diterbitkan di Journal of Americans Geriatrics Society. Peneliti menganalisis empat studi yang telah diterbitkan sebelumnya.

Dilansir dari Newsweek, penelitian ini melibatkan data lebih dari 5.700 responden dengan usia 60 tahun atau lebih dan tinggal di Perancis, Spanyol, Italia dan China. Penelitian ini menunjukkan bahwa mereka yang menjalankan diet Mediterania memiliki tubuh yang lebih kuat di usia senja.

"Orang-orang yang sedang diet diet Mediterania yang terhindar dari kerapuhan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengikutinya," ujar penulis penelitian Kate Walters.

Penelitian ini mencari sebab akibat. Walters mengatakan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan diet dengan kerapuhan di usia tua dan faktor lain yang bisa menjadi penyebab penurunan sindrom seseorang. Penelitian lain menunjukkan bahwa diet ini memberikan manfaat kesehatan bagi jantung hingga menurunkan risiko kanker.

Diet Mediterania merupakan program diet yang mengikuti pola hidup sehat dari negara-negara yang berbatasan dengan laut Mediterania. Bukan berati diet ini mengharuskan mereka yang menjalani mengonsumsi makanan persis seperti masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut.

Diet ini memiliki prinsip makan sehat seperti lebih banyak sayur, buah, dan makanan olahan susu rendah lemak yang memiliki gizi tinggi, lemak jenuh serta asupan garam. Selain itu, makanan yang dikonsumsi pada diet ini kaya akan kandungan sayuran, buah, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan.

Para ahli juga menganjurkan untuk mencampur minyak zaitun dalam makanan dan mengonsumsi daging merah.
(alv)
Berita Terkait
Coba Yuk! Diet Medeterania...
Coba Yuk! Diet Medeterania untuk Perbaiki Kesehatan Pencernaan
7 Kesalahan Diet yang...
7 Kesalahan Diet yang Bikin Tambah Gemuk, Hindari!
7 Tanda Tubuh Harus...
7 Tanda Tubuh Harus Segera Diet, Salah Satunya Cepat Lelah
Iqbaal Ramadhan Sakit...
Iqbaal Ramadhan Sakit Usai Diet Ekstrem, Kenali Dampak Bahayanya Bagi Kesehatan
Yuk Intip Cara Bugar...
Yuk Intip Cara Bugar Tanpa Diet Ketat! Ini Aksi Low-GI Swaps yang Manjur!
Hindari Gagal Diet Kamu,...
Hindari Gagal Diet Kamu, Terapkan Low-GI Swaps Sekarang Juga!
Berita Terkini
Sunan Kalijaga Buka...
Sunan Kalijaga Buka Suara setelah Dituding Tak Profesional oleh Erin Wartia
27 menit yang lalu
Sooyoung SNSD dan Jung...
Sooyoung SNSD dan Jung Kyung-ho Putus setelah 14 Tahun Pacaran
57 menit yang lalu
Grillz Mawar Biru Jennie...
Grillz Mawar Biru Jennie BLACKPINK Jadi Perbincangan, Ada yang Menyebut Mirip Gigi Berlubang
1 jam yang lalu
Cari Tontonan Plot Twist?...
Cari Tontonan Plot Twist? Ini 5 Microdrama V+Short yang Wajib Masuk Watchlist
1 jam yang lalu
Video Persalinan Amanda...
Video Persalinan Amanda Manopo dan Baby Zac Viral, Ucapan soal Anak Kedua Curi Perhatian
2 jam yang lalu
Solusi Tepat Menghadapi...
Solusi Tepat Menghadapi Situasi Mendadak dalam Perjalanan Bisnis
3 jam yang lalu
Infografis
7 Perang Besar di Selat...
7 Perang Besar di Selat Malaka, dari Jalur Rempah hingga Medan Tempur Kekuatan Dunia
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved