Lestarikan Kuliner Indonesia, Bango Gelar Bango Penerus Warisan Kuliner 2018

Selasa, 06 Februari 2018 - 18:30 WIB
Lestarikan Kuliner Indonesia, Bango Gelar Bango Penerus Warisan Kuliner 2018
Lestarikan Kuliner Indonesia, Bango Gelar Bango Penerus Warisan Kuliner 2018
A A A
JAKARTA - Ragam kuliner nusantara merupakan wujud kekayaan budaya Indonesia. Elemen bahan lokal serta nilai budaya menjadikan kuliner sebagai simbol identitas wilayah secara lokal serta merepresentasikan budaya Indonesia di dunia internasional.

Guna mendukung regenerasi pelestarian kuliner nusantara, Bango menggelar Bango Penerus Warisan Kuliner 2018. Bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), program ini mengajak lebih banyak wirausaha kuliner nusantara di Indonesia untuk melestarikan warisan kuliner nusantara.

"Tanpa regenerasi yang kuat, kuliner nusantara bisa hilang tergerus waktu dan era globalisasi. Hal ini menjadi sebuah tantangan namun juga peluang bagi generasi muda, khususnya mereka yang menekuni bidang wirausaha kuliner nusantara," ujar Managing Director Unilever Foods Solutions, Thomas Agus Pamudji saat jumpa pers di Aston Suites Kuningan, Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Berbeda dengan program sebelumnya, Thomas mengatakan, Bango Penerus Warisan Kuliner 2018 kali ini dihadirkan lebih mudah yakni dengan cara melakukan pendaftaran melalui digital. Peserta dapat mendaftar melalui website www.pewariskuliner.com mulai Februari hingga pertengahan Maret 2018.

"Mereka cuma tinggal memasukkan kode unik yang bisa didapatkan dari produk Bango. Upload produk makanannya yang ingin dimajukan. Peserta dapat mempromosikan dan menggalang dukungan untuk memilih hidangan mereka melalui media sosial Instagram dan Facebook. Ini terbuka untuk mencakup penjuru Indonesia sehingga lebih mudah dan simpel," kata Thomas.

"Sebanyak 20 finalis dengan jumlah vote terbanyak ditambah dua finalis pilihan dewan juri dapat mengikuti penjurian dan workshop yang digelar di Jakarta. Di sesi penjurian, peserta akan mempresentasikan hidangan di depan dewan juri yang beranggotakan legenda kuliner kenamaan, perwakilan BEKRAF serta tim ahli dari Unilever," tambahnya.

Sementara untuk penilaian, tak hanya rasa makanan yang lezat, penyajian yang menarik dan penggunaan bumbu-bumbu unik Indonesia dapat menjadi nilai lebih di kompetisi ini. Menariknya, saat workshop, peserta akan mendapatkan pengetahuan seperti food safety dan food handling serta strategi bisnis kuliner.

"Lima pemenang akan mendapatkan hadiah sebesar Rp500 juta untuk mengembangkan usaha mereka. Kelima nantinya juga dapat berpartisipasi di kemeriahan perayaan ulang tahun Bango ke-90 yaitu Festival Jajanan Bango 2018 yang akan membantu untuk lebih dikenal oleh pecinta kuliner," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1341 seconds (0.1#10.140)