Beragam Keajaiban Alam Paling Menawan

Senin, 05 Maret 2018 - 10:34 WIB
Beragam Keajaiban Alam Paling Menawan
Beragam Keajaiban Alam Paling Menawan
A A A
FENOMENA alam merupakan sebuah keajaiban dunia yang sejauh ini masih dapat dilihat dan keberadaanya masih bisa disaksikan. Keajaiban dunia dari alam ini berada di berbagai belahan dunia dan memiliki kekhasan masing-masing.

Berikut 10 keajaiban alam di berbagai belahan bumi.

1. Grand Canyon
Grand Canyon adalah sebuah jurang tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado di utara Arizona Amerika Serikat (AS). Jurang ini panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Alam memerlukan 1,7 miliar tahun untuk membentuk Grand Canyon. Proses pembentukannya melewati berbagai periode penting bumi. Setiap periode perubahan itu menyumbang satu lapisan pada Grand Canyon.

2. Amazon
Hutan Amazon adalah hutan hujan di Amazon, Amerika Selatan. Wilayah ini meliputi seluas tujuh juta kilometer persegi, walaupun hutannya sendiri seluas 5,5 juta kilometer persegi, terletak di sembilan negara: Brasil (60% hutan), Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis. Amazon termasuk hutan tropis paling luas di dunia

3. Mount Everest
Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet dimana puncaknya berada di Tibet. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m. Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Utama di dunia.

4. Iguaza Falls
Iguaza Falls merupakan puncak kemegahan dari sebuah air terjun. Memiliki tinggi 82 meter dan lebar 150 meter serta panjang 700 meter, air terjun ini telah lama menjadi salah satu objek wisata terkenal di dua negara, Brazil dan Argentina. Lebih dari 2.000 spesies tanaman, 400 jenis burung dan 70 mamalia hidup di sekitar air terjun ini.

5. Serengeti
Serengeti adalah cagar alam yang dikitari oleh lereng bukit dan padang rumput seluas 18.000 km persegi. Tebaran pohon Umbrella Acacia khas Afrika terhampar luas di cagar alam memesona ini. Serengeti yang masuk wilayah Tanzania ini dihuni oleh lebih dari 2 juta hewan besar termasuk lebih dari 1 juta wildebeest (rusa kutub), ratusan ribu zebra dan ribuan rusa Thomson gazzele dan impala. Serengeti juga terkenal sebagai rumah dari big migration (perpindahan besar dari ratusan bahkan ribuan wildebeest dan zebra)

6. Great Barrier Reef
Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia.

7. Ha Long Bay
Ha Long Bay (Teluk Ha Long) adalah sebuah teluk seluas ±1.500 km² di sebelah utara Vietnam dengan garis pantai sepanjang 120 km. Teluk ini berada di dalam teluk Tonkin dekat perbatasan China, berjarak sejauh 170 km dari Hanoi. Teluk Ha Long berarti “teluk naga yang sedang turun” dalam bahasa Vietnam. Teluk ini terdiri dari 1.969 pulau-pulau batu kapur yang menjulang secara spektakuler dari laut.

8. Galapagos
Kepulauan Galápagos adalah kepulauan yang terdiri dari 13 pulau-pulau berapi dan bebatuan di Samudera Pasifik, sekitar 1.000 kilometer sebelah barat pesisir Amerika Selatan. Secara politis, Galapagos merupakan bagian dari Ekuador. Pulau tertuanya berusia sekitar 4 juta tahun dan yang termuda masih dalam proses pembentukan. Galapagos merupakan salah satu daerah gunung berapi paling aktif di dunia. Pulau ini terkenal karena jumlah spesies endemisnya besar merujuk penelitian Charles Darwin yang membawanya menemukan teori seleksi alam. UNESCO menetapkan Galapagos sebagai Situs Warisan Dunia pada 1978.

9. Antartika
Antartika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi. Tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar wilayahnya diliputi es sepanjang tahun. Penemuan Antartika pertama kali terjadi pada 1820 dan pendaratan pertama terverifikasi pada 1821. Dengan luas 13.200.000 km², Antartika adalah benua terluas kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Benua ini juga memiliki ketinggian tanah rata-rata tertinggi, kelembapan rata-rata terendah, dan suhu rata-rata terendah di antara semua benua di bumi

10. Sahara
Gurun Sahara terletak di bagian utara Benua Afrika. Luas padang pasir itu membentang dari Samudera Atlantik ke Laut Merah. Kemudian, dari Laut tengah di Utara Afrika membentang hingga ke Sahel di Selatan Afrika. Bila diukur luasnya mencapai 9 juta km persegi. Yang membuat Gurun Sahara menjadi sangat unik dan terkenal ke seantero dunia adalah karena letaknya yang membagi benua Afrika menjadi dua yakni Afrika Utara dan Afrika. Sahara juga dikenal sebagai gurun terpanas di dunia. Suhunya kadang-kadang bisa mencapai 58 derajat celcius.

Keajaiban Dunia di Indonesia

1. Candi Borobudur
Borobudur adalah sebuah candi Budha di Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Budha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Borobudur adalah Candi atau Kuil Budha terbesar di dunia dan diakui sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia serta Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Pulau Komodo
Pulau Komodo adalah sebuah pulau di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli Hewan Komodo, salah satu spesies hewan yang hanya ada di Indonesia. Kawasan ini merupakan Taman Nasional Pulau Komodo yang berada di sebelah Timur Pulau Sumbawa.

3. Danau tiga warna Kelimutu
Gunung Kelimutu adalah gunung berapi di Pulau Flores, Provinsi NTT. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya yang dikenal dengan nama Danau Tiga Warna. Ketiga warna danau ini adalah merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu

4. Puncak Jaya Wijaya dan Carstenz
Puncak Jaya ialah sebuah puncak gunung di Provinsi Papua. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 5.030 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global. Puncak ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia kawasan Oceania.

5. Candi Prambanan
Kompleks candi ini terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman DIY. Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi Desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

6. Pulau Bali
Pulau ini termasuk salah satu pulau terindah di dunia. Pulau ini memiliki bebaga obyek wisata indah seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur, Kintamani, Danau Batur, Gua Gajah, Tampak Siring, Bedugul, serta Tanah Lot. Pulau ini dimasukkan dalam Sepuluh Keajaiban Alam Indonesia yang diakui Dunia.

Fenomena Alam Langka Menakjubkan

Tornado Raksasa Supercells
Supercells disebut-sebut sebagai rajanya tornado. Tornado raksasa ini terlihat seperti payung putih raksasa namun kekuatan badai super ini sangat menakutkan. Raja badai Supercells akan berputar kencang dan membentuk tornado besar setinggi 50.000-60.000 kaki (pesawat jet terbang hanya sampai 40.000 kaki di atas tanah).

Batuan Hexagonal Kolumnar Basalt
Columnar basalt sejatinya adalah formasi batuan yang terbentuk karena pendinginan cepat aliran lava. Bentuk batuan terbentuk secara acak seperti terbentuknya gelembung sabun atau sel organik. Walaupun menarik dan misterius karena terbentuk alami, batuan kolumnar basalt terdapat dimana-mana, terutama di pinggir pantai.

Danau Merah Muda di Australia
Pink Lake di Hilier, Australia Barat ini benar-benar berwarna merah muda. Jika dilihat dari atas, akan terlihat seperti susu atau jus strawberry yang sengaja dituangkan di sebuah piring hijau, karena di sekeliling danau terdapat hutan hijau lebat. Danau seluas 600 meter ini warna pink-nya berasal dari organisme ganggang di danau yaitu dunaliella salina dan halobacteria. Osoyoos Lake, danau polkadot Danau di Osoyoos, Kanada ini disebut sebagai Spotted Lake dengan luas kurang lebih 61 hektare. Sebenarnya air danau ini cukup berbahaya karena mengandung mineral-mineral dengan konsentrasi tinggi seperti kalsium, natrium, magnesium, perak, titanium, dan lainnya. Motif polkadot di danau ini hanya bisa dilihat di bulan Juli- September dan terlihat indah dari atas.

Kolam sampanye
Kolam sampanye (champagne pool) ini berada di kawasan Wai-O-Tapu, Selandia Baru. Kolam yang terbentuk karena fenomena alam ini memiliki suhu permukaan 74 derajat celcius. Warna pinggiran kolam yang berwarna oranye mirip dengan sampanye. (Bobby Firmansyah)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4283 seconds (0.1#10.140)