Bahan untuk Menggoreng Kentang McDonald's Bisa Redakan Kebotakan

Minggu, 11 Maret 2018 - 15:30 WIB
Bahan untuk Menggoreng Kentang McDonalds Bisa Redakan Kebotakan
Bahan untuk Menggoreng Kentang McDonald's Bisa Redakan Kebotakan
A A A
JAKARTA - Belum lama ini peneliti menemukan bahwa bahan yang digunakan untuk menggoreng kentang di restoran cepat saji McDonald's dapat dimanfaatkan menjadi sebuah obat untuk menghilangkan kebotakan. Hal ini ditemukan oleh para ilmuwan dari Yokohama National University.

Dilansir dari NY Post, bahan kimia bernama dimethylpolysiloxane dapat digunakan untuk memproduksi folikel rambut secara massal pada tikus. Dimethylpolysiloxane merupakan kandungan silikon yang digunakan dalam minyak goreng McDonald's untuk mencegah percikan saat menggoreng.

Penelitian ini berhasil menciptakan hair follicle germ (HFG) atau sel yang mampu menumbuhkan folikel rambut. Peneliti percaya bahwa penggunaan dimetilpolisiloksan dalam percobaan yang pemecah tanah bisa menghasilkan ribuan kuman folikel rambut simultan.

"Kunci untuk produksi massal HFG adalah kandungan bahan substrat untuk bejana kultur. Kami menggunakan dimetil polisiloksan permeabel-permeabel (PDMS) di dasar bejana kultur, dan hasilnya sangat baik," kata salah satu peneliti penelitian ini, Profesor Junji Fukuda.

Saat HFG dipindahkan ke punggung tikus, rambut hitam baru mulai tumbuh di daerah tersebut. Cara ini mampu menghasilkan 5.000 HFG secara bersamaan setelah proses transplantasi pada tikus. Peneliti pun yakin tekni ini juga dapat diaplikasikan pada manusia dengan hasil yang sama. Bahkan, Fukuda mengklaim cara sederhana ini cukup menjanjikan.

"Kami berharap teknik ini akan memperbaiki terapi regeneratif rambut manusia untuk mengobati rambut rontok seperti androgenic alopecia atau pola kebotakan pria. Sebenarnya, kami memiliki data awal yang menyarankan pembentukan HFG manusia menggunakan keratinosit manusia dan sel-sel papilla dermal," papar dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5549 seconds (0.1#10.140)