Buru Hewan Langka, Salman Khan Divonis 5 Tahun Penjara

Kamis, 05 April 2018 - 19:30 WIB
Buru Hewan Langka, Salman Khan Divonis 5 Tahun Penjara
Buru Hewan Langka, Salman Khan Divonis 5 Tahun Penjara
A A A
MUMBAI - Karier Salman Khan di industri film Bolywood dipastikan akan terganggu. Aktor kawakan itu baru saja dijatuhi vonis 5 tahun penjara karena dinyatakan bersalah akibat berburu dan membunuh hewan langka antelop, pada 10 tahun silam.

Diberitakn Skynews, dari vonis yang dibacakan hakim dalam sidang putusan di Pengadilam negara bagian Rajasthan pada Kamis (5/4/2018) waktu setempat, Salman juga dikenai denda sebesar 10.000 rupee. Atas vonis yang dijatuhkan hakim itu, dia kemungkinan besar akan mengajukan banding.

Vonis untuk Salman itu berbeda dengan 4 orang rekannya yang juga terseret dalam kasus yang sama, yaitu Saif Ali Khan, Sonali Bendre, Tabu dan Neelam. Kendati sama-sama dituduh terlibat dalam kasus yang terjadi pada 1998 lalu, tapi mereka dinyatakan bebas karena kurangnya bukti.

Kasus ini berawal saat Salman melakoni syuting untuk film Hum Saath Saath Hain, di desa Kankani, dekat Jodhpur, India barat pada 1998 silam. Di sela jeda syuting, Salman diyakini berburu dan membunuh antelop bersama rekan-rekannya. Dalam kesempatan itu, Salman diketahui memimpin aksi itu dengan mengemudi jeep yang mereka gunakan untuk berburu.

Sebelumnya, salah satu jaksa yang menangani kasus itu, Mahipal Bishnoi mengatakan bahwa tim kuasa hukum Salman telah melakukan upaya pengurangan hukuman untuk kliennya. Untuk kasus ini, Salman dikenai pasal yang bisa menjeratnya dengan hukuman maksimal 6 tahun penjara. "Mereka meminta untuk masa percobaan, mereka menekankan pada hukuman minimum," kata dia.

Kasus hukum ini bukan pertama kalinya dialami sang aktor. Sebelumnya, sang aktor juga sempat berurusan dengan hukum setelah dituduh melakukan tabrak lari pada 2002 lalu.

Tahun lalu, pengadilan lain di Jodhpur membebaskan Salman dari kasus perburuan hewan langka lainnya. Pengadilan memutuskan tidak ada bukti bahwa Salman membunuh seekor gazelle langka.

Dalam beberapa tahun terakhir, film-film Salman selalu laris manis di pasaran, dengan Tiger Zinda Hai yang dirilis Desember tahun lalu meraup lebih dari 3 miliar rupee di box office.

Film barunya, Race 3, adalah sebuah action thriller yang dijadwalkan rilis pada tahun ini. Salman juga dilaporkan memiliki sejumlah proyek film, diantaranya Bharat.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6094 seconds (0.1#10.140)