Tips Lancar dan Kuat Puasa

Sabtu, 26 Mei 2018 - 11:33 WIB
Tips Lancar dan Kuat Puasa
Tips Lancar dan Kuat Puasa
A A A
GODAAN saat bulan puasa menjadi masalah utama menjalani kekhusyukan ibadah puasa. Tak hanya menahan lapar dan haus, berpuasa juga musti kuat-kuat menahan emosi, bergosip, merokok dan sebagainya. Lalu, apa sih yang harus dilakukan untuk menangkal semua godaan saat kita menjalani puasa? GEN SINDO merangkumnya untuk kalian, check this out!

1. Kurangi Bergosip di Media Sosial
Godaan puasa bukan hanya dari diri sendiri, tapi bisa juga dari teman-teman sekitar. Terkadang, kalau sudah berkumpul, apa saja bisa jadi bahan pembicaraan. Mulai dari hal penting sampai enggak sadar ngomongin orang atau bergosip. Nah, bahayanya bergunjing tak hanya di dunia nyata aja lho! Tapi juga di dunia maya. "Kita harus bijak menggunakan media sosial. Pikir terlebih dulu apa yang mau disampaikan lewat foto, video atau sekadar komentar di posting-an orang," kata Andri Mashadi, content creator.

2. Percepat Waktu Berbuka
Tips ini terdengar sedikit aneh ya! Eits , tapi jangan salah sangka, mempercepat waktu berbuka di sini bukan mempercepat azan magrib. Andri mengaku punya cara sendiri mempercepat waktu berbuka dengan sahur lebih awal sekitar jam 11 atau 12 malam. Setelah itu ia bangun dan minum air putih saat waktu mendekati imsak. Nah, waktu yang panjang itu bisa dimanfaatkan untuk tidur lebih banyak. "Tapi jangan kayak aku ya, waktu itu niatnya bangun sebelum imsak, setelah minum segelas air, aku bangun dan ternyata sudah jam 9 pagi. Jadi malu sendiri deh!" ceritanya.

3. Lakukan Hal yang Positif
Hal positif di sini tergantung dari diri kita masing-masing. Lakukan apa yang kita suka, hobi apa yang sedang digeluti, atau jalanjalan sambil ngabuburit. Andri mengaku naik gunung saat puasa, jalan-jalan ke gua di Tasikmalaya dan main di air terjun. "Seru banget, walaupun capek tapi intinya, ya nikmatin aja momen apa pun yang lagi ditekuni saat ini. Karena walaupun sedang puasa dan beraktivitas, momen saat menahan hawa nafsu itu akan terbayar setelah buka puasa, pokoknya asyik banget!" ujar Andri.

4.Sabar, Jangan dibawa Serius
Salah satu godaan terbesar yang bisa menguji kesabaran adalah pacar sendiri. "Contohnya kalau lagi pilih tempat untuk buka puasa, susah cari tempat karena ramai sana-sini, sampai akhirnya datang ke tempat yang doi mau, tetapi waktu ditanya mau makan apa, eh doi cuma jawab ‘terserah’. Nah itu juga nih yang bikin kita harus makin sabar, kan mau buka puasa, hahaha," tawanya.

5. Kumpul Bersama Keluarga
"Puasa bagi aku selain kewajiban sebagai umat muslim, tapi ini juga menggambarkan persatuan (bersama keluarga)," kata Wirda Mansur. Saat Ramadan, kita bisa berkumpul dan makan bersama dalam satu meja. Jadikan momen kebersamaan ini untuk saling menguatkan antaranggota keluarga dalam menjalani ibadah puasa. Selain itu, ajak keluarga beribadah bersama. Kalau dari keluarga sudah ada ikatan seperti ini, pastinya segala godaan di luar sana bisa teratasi dengan baik ya guys.

NURNAFISAH
(GEN SINDO-Politeknik Negeri Jakarta)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6802 seconds (0.1#10.140)