Mark Wahlberg, dari Penyanyi Rap Menjadi Aktor Termahal

Sabtu, 02 Juni 2018 - 14:00 WIB
Mark Wahlberg, dari Penyanyi Rap Menjadi Aktor Termahal
Mark Wahlberg, dari Penyanyi Rap Menjadi Aktor Termahal
A A A
BERKAT sekuel Transformers yang dibintanginya, Mark Wahlberg bertengger sebagai aktor dengan bayaran tertinggi di dunia. Dia juga pernah dibayar USD1,5 juta (Rp21 miliar) hanya untuk syuting 10 hari.

Aktor 46 tahun bernama lengkap Mark Robert Michael Wahlberg ini dikenal sebagai aktor yang identik dengan film penuh aksi dan heroik. Namun dia juga piawai bermain film drama, dan bisa tampil kocak di beberapa film komedi. Misalnya saja film The Departed (2007) yang membawanya masuk sebagai nomine Academy Awards sebagai aktor pendukung terbaik. Atau sebagai pria yang tak sanggup dewasa dan berteman dengan boneka beruang dalam Ted (2012).

Tak hanya kariernya yang semakin matang di dunia peran, Mark juga memantapkan posisinya sebagai aktor termahal. Tahun lalu, dia masuk dalam daftar aktor dengan bayaran tertinggi versi Forbes, dengan honor sebesar USD68 juta (Rp939 miliar). Angka ini diperoleh antara Juni 2016 dan Juni 2017, berkat film laris Patriots Day, Daddy's Home 2, dan Transformers: The Last Knight.

Gebrakan Mark ini langsung 'menendang' aktor Dwayne Johnson yang kerap berada di posisi pertama. Sebelumnya pada 2016, dia juga masuk dalam daftar yang sama dan berada di posisi ke-15 dengan bayaran sebesar USD30 juta (Rp414 miliar). Menurut Observer, tahun lalu saja Mark menghasilkan USD90 juta (Rp1,2 triliun). Sedangkan pendapatan Mark per tahun mencapai angka USD30 juta (Rp414 miliar).

Dikutip The Guardian, Mark memang terkenal kerap membintangi film waralaba dengan anggaran yang cukup besar. Filmnya diketahui telah meraup USD5,3 miliar (Rp73 triliun) di seluruh dunia.

Bayaran fantastis sekaligus kontroversial pernah didapatnya saat melakukan syuting ulang untuk film All The Money in the World (2018). Menurut USA Today, untuk kerja 10 hari, dia dibayar sebesar USD1,5 juta (Rp21 miliar). Sementara lawan mainnya, Michelle Williams hanya mendapat USD1.000 (Rp14 juta). Namun semua bayaran ini disumbangkannya atas nama Williams untuk kampanye Time's Up. Kampanye ini dilakukan untuk membantu para korban pelecehan seksual dan kekerasan.

Selain layar lebar, Mark juga merambah dunia televisi. Dia menjabat sebagai produser eksekutif dari empat seri HBO. Yakni drama komedi Entourage (2004–2011), drama kriminal Boardwalk Empire (2010–2014), drama komedi How to Make It in America (2010–2011 ), dan Ballers (2015–sekarang). Dikutip Celebrity Net Worth, dari jabatannya sebagai produser eksekutif ini Mark mendapatkan sekitar USD3 juta (Rp41,5 miliar) per tahun.

Saat ini Mark juga diketahui sedang menggarap film terbarunya, yakni Six Flags. Dalam film komedi besutan Paramount Pictures ini, Mark akan berakting sekaligus menjadi co-producer. Menurut Variety, film ini bercerita tentang pasangan yang kesulitan membesarkan tiga anak asuh mereka. Sementara film Mile 22 yang dibintanginya bersama aktor laga Indonesia, Iko Uwais, akan tayang pada Agustus mendatang.

Berawal dari musik
Awalnya, Mark terkenal sebagai adik Donnie Wahlberg, anggota boyband yang sukses pada era 1990an, New Kids on the Block. Sebetulnya Mark pernah ikut bergabung di boyband tersebut pada usia ke-13 tahun. Namun berhenti setelah beberapa bulan.

Sang kakak Donnie ingin membantu Mark keluar dari kehidupan narkoba dan kejahatan. Donnie pun langsung menjadi produser musik bagi Mark dan mengganti namanya menjadi Marky Mark. Pada 1990, dia pun menjadi penyanyi rap di bawah label Marky Mark and Funky Bunch. Lagunya 'Good Vibrations' dari debut album ‘Music for the People' langsung hit dan mencapai nomor satu di Billboard Hot 100 dan meraih platinum tunggal.

Marky Mark juga sempat membuka tur terakhir New Kids on the Block. Tak hanya itu, Marky Mark and Funky Bunch juga memiliki video game mereka sendiri, berjudul Marky Mark and Funky Bunch: Make My Video.

Pada tahun 1993, Mark mulai beralih ke akting. Debut aktingnya yang pertama di televisi berjudul The Substitute. Adapun debut layar pertamanya adalah Renaissance Man (1993) dan peran utama pertamanya dalam Fear (1997).

Dia menerima pujian untuk penampilannya sebagai aktor porno Dirk Diggler dalam Boogie Nights. Pada tahun 2001 ia mulai menjelajahi film-film berorientasi aksi dengan anggaran besar, seperti Planet of the Apes dan The Italian Job. Selain mendapat nomine dari The Departed, Mark juga menjadi nomine Academy Award sebagai produser untuk film The Fighter.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7382 seconds (0.1#10.140)