10 Candi Termasyhur di Indonesia

Kamis, 28 Juni 2018 - 10:44 WIB
10 Candi Termasyhur di Indonesia
10 Candi Termasyhur di Indonesia
A A A
Indonesia terkenal akan bangunan candinya. Bahkan beberapa candi diakui dunia sebagai salah satu keajaiban dunia.

Berikut 10 candi termasyhur di Tanah Air versi survei Litbang KORAN SINDO.

1. Candi Borobudur
Candi yang dibangun di masa Dinasti Syailendra ini kerap dijadikan tempat ibadah umat Buddha saat merayakan Hari Raya Waisak. Tak hanya dikenal di Indonesia, Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia ini juga dikenal di dunia internasional. Bahkan diakui menjadi salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO (badan PBB bidang kebudayaan).

2. Candi Prambanan
Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia dan terindah di Asia Tenggara. Bangunan dengan arsitekturnya yang tinggi dan ramping ini juga dikenal karena cerita Roro Jonggrang dan Bandung Bondowosonya. Saat ini, Candi Prambanan juga dikenal sebagai tempat berlangsungnya acara musik Prambanan Jazz Festival. Di kompleks Candi Prambanan ini terdapat juga enam candi lainnya seperti Candi Wisnu, Candi Garuda, Candi Syiwa, Candi Brahmana dan Candi Angsa.

3. Candi Mendut
Candi bercorak Buddha ini terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Letaknya berjarak tiga kilometer dari Candi Borobudur. Dibangun di masa Syailendra, Candi Mendut memiliki kaki tinggi. Sama seperti candi-candi di Indonesia lainnya, di dinding kaki candi ini terdapat relief dalam bentuk fable (dongeng hewan) seperti “Burung dan Kura-Kura”, “Brahmana dan Kepiting” juga “Kura-Kura dan Burung Manyar”.

4. Candi Kalasan
Berlokasi di Dusun Kalibening, Desa Tirtamartini, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, candi ini dikenal dengan sebutan Candi Kalibening. Meski tidak memiliki luas dan terkenal seperti candi Buddha lainnya, namun Candi Kalasan memiliki keunikan. Bangunan candi ini dilapisi semen dengan menggunakan teknik nglepo, sehingga membuat dinding candi terlihat keputihan. Selain itu pahatan di dinding pun terlihat sangat indah dan halus.

5. Candi Gedong Songo
Kompleks candi ini berada di Semarang, Jawa Tengah dengan jumlah sembilan candi, sesuai dengan namanya “Gedong Songo”. Meski begitu, saat ini candi yang tersisa hanya ada lima candi saja. Kelima candi memiliki bentuk berbeda dengan bangunan yang tidak utuh lagi.

6. Candi Muaro Jambi
Lokasi candi ini berada tepat di jalur Sungai Batanghari yang juga bisa menjadi lokasi favorit untuk berwisata sejarah maupun alam. Muaro Jambi ini adalah sebuah kompleks percandian Hindu-Buddha dengan jumlah 61 candi. Sebagian besar candi masih berupa gundukan tanah.

7. Candi Ijo
Terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Candi Ijo berdiri di atas bukit Gumuk Ijo. Bercorak Hindu dengan ragam relief di bagian dinding, candi ini dibangun sekitar abad ke-10 hingga ke-11 di masa pemerintahan Kerajaan Medang. Bagi traveler, candi ijo merupakan obyek wisata yang pas terutama pada saat sunset dan sunrise.

8. Candi Plaosan
Candi ini memiliki arsitektur perpaduan antara agama Buddha – Hindu. Selain Borobudur dan Prambanan, Candi Plaosan bisa dijadikan alternatif destinasi wisata. Terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, lokasi candi ini tidak jauh dari Candi Sewu. Candi Plaosan merupakan kompleks bangunan kuno yang terbagi menjadi dua, yaitu kompleks Candi Plaosan Lor (Utara) dan kompleks Candi Plaosan Kidul (Selatan).

9. Candi Dieng
Candi Dieng merupakan sekumpulan candi di bawah kaki Gunung Dieng, Wonosobo Jawa Tengah. Kumpulan candi Hindu ini beraliran Syiwa dan terbagi ke dalam tiga kelompok candi yang dinamakan berdasarkan nama tokoh wayang. Ketiga kelompok tersebut adalah kelompok Arjuna, Gatotkaca, Dwarawati dan satu candi yang berdiri sendiri yaitu Candi Bima.

10. Candi Ratu Boko
Situs Ratu Boko merupakan kompleks sejumlah bangunan yang berada dekat Candi Prambanan. Candi Ratu Boko berdiri di area seluas 25 hektare dan berada di ketinggian 196 meter di atas permukaan laut. Candi Ratu Boko memiliki keistimewaan yaitu gerbangnya yang megah.

Candi Indah Diberbagai Negara

Wat Rong Khun, Thailand
Wat Rong Khun adalah candi terindah dan menakjubkan yang memiliki desain tradisional terbaik dalam hal seni dan teknologi terbaru. Seluruh candi dilukis dengan warna putih untuk mewakili kemurnian Buddha. Candi ini memiliki dekorasi emas yang berbeda dan kaca reflektif unik dan berharga.

Angkor Wat, Kamboja
Angkor Wat adalah kuil Buddha yang dibuat peradaban Khmer dan dinamai sebagai mahakarya yang pernah dibangun di dunia sesuai dengan desain arsitekturalnya. Candi ini sangat berbeda karena memiliki 3 tingkat berbeda dan yang tertinggi berdiri tegak di ketinggian 65 meter dan memiliki berbagai patung dewa.

The Golden Temple, India
Ada sebuah pulau buatan di Punjab, India yang dinobatkan sebagai kuil Buddha terbaik di sana. Ini adalah Kuil Emas terkenal yang dibangun di pulau ini untuk agama Sikh dan berfungsi sebagai pusat spiritual. Ini juga memiliki ruang cermin yang dihias dengan simbol berbentuk seperti Umbrella. Kuil dibuat pada abad ke-16 dimana di dalamnya dihiasi kanopi emas dan batu permata.

Sri Ranganathaswamy Temple, India
Ini adalah pura Hindu yang terletak di daerah terkenal bernama Srirangam dari Trichy. Dinobatkan sebagai salah satu kuil terpenting bagi komunitas Wisnu di seluruh dunia. Ini didedikasikan untuk Tuhan Ranganatha dan siapapun yang beribadah di tempat suci ini diklaim doanya diberkati. Terletak di area seluas 156 hektare dan memiliki menara setinggi 236 kaki.

Shwedagon Pagoda, Myanmar
Ini adalah kuil berlapis emas yang terletak pada ketinggian 998 meter dan disempurnakan dengan banyak hiasan emas yang memiliki berat hampir 9 ton. Terletak di puncak menara Pagoda kota terkenal Myanmar dan juga disempurnakan dengan 8 buah rambut dari kepala Buddha.

Tigers Nest Monastery, Bhutan
Tigers Nest Monastery (Biara Sarang Macan Tamil) adalah kuil Budha yang biasa disebut Buddha ke-2 dan dikenal luas karena lokasi dan arsitekturnya yang indah. Lokasinya berada di sekitar pegunungan Himalaya tepatnya di Lembah Paro. Tigers Nest Monastery dinobatkan sebagai salah satu tempat suci paling terkenal di Bhutan.

Temple of Heaven, China
Temple of Heaven terletak di China dan dibangun hampir 5 abad lalu oleh Dinasti Ming yang terkenal untuk menghormati langit. Terletak di area seluas 2,7 juta meter persegi dan terbagi menjadi beberapa bagian. Temple of Heaven memiliki dinding selatan persegi panjang yang diberi simbol bumi, dan bagian melingkar mewakili pemandangan langit.

Jetavanaramaya, Sri Lanka
Jetavanaramaya dinobatkan sebagai kuil warisan Buddha yang terletak di Sri Lanka. Kuil ini dinamai sesuai dengan bait suci antara Mahayana dan Theravada dari para biksu Buddha. Hal paling menakjubkan tentang candi ini adalah bahwa keberadaan sabuk atau selempang yang pernah digunakan oleh Sang Buddha
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3355 seconds (0.1#10.140)