Oscar Tambah Kategori Baru, Black Panther Berpeluang Menang

Kamis, 09 Agustus 2018 - 16:30 WIB
Oscar Tambah Kategori Baru, Black Panther Berpeluang Menang
Oscar Tambah Kategori Baru, Black Panther Berpeluang Menang
A A A
LOS ANGELES - Ajang Academy Award atau Oscar akan menambahkan kategori baru, yaitu film paling populer. Selain itu, mereka juga membatasi durasi seremoni tahunan itu menjadi tiga jam.

Penambahan kategori baru itu memungkinan film-film yang populer di kalangan penonton tapi tidak populer di kalangan kritikus bisa memenangkan Oscar. Film produksi Marvel, Black Panther, berkesempatan mendapatkan penghargaan ini pada perhelatan Oscar tahun depan jika kategori ini sudah ditambahkan.

Oscar 2019 akan digelar pada 24 Februari mendatang dengan ditayangkan langsung stasiun televisi ABC. Jimmy Kimmel dijadwalkan menjadi host acara bergengsi tersebut.

“Kami berkomitmen memproduksi pertunjukan yang menghibur dalam waktu 3 jam, dengan memberikan piala Oscar yang lebih mudah diakses bagi penonton kami di seluruh dunia,” ungkap dewan gubernur Academy of Motions Pictures dalam surat kepada para anggotanya seperti dikutip Reuters.

Perubahan ini adalah yang terbesar sejak Academy berikrar menggandakan anggota wanita dan kaum minoritas pada 2020 sebagai respons terhadap kritik #OscarSoWhite atas nominasi mereka pada 2016 silam. Pada 2009, mereka menambah jumlah nominasi film terbaik dari 5 menjadi 10 untuk membuka persaingan.

Meski begitu, dalam beberapa tahun terakhir, Oscar cenderung memberikan penghargaan untuk film-film seni, seperti Moonlight dan The Shape of Water. Film-film yang sukses di box office seperti Star Wars, atau Wonder Woman, Mission Impossible atau Mamma Mia tidak pernah masuk nominasi. Sementara, fans Black Panther berpendapat, film produksi Marvel—Disney itu layak mendapatkan nominasi Oscar tahun ini.

Penambahan kategori untuk film populer itu segera mendapatkan respons dari para kritikus. Beberapa di antaranya menyebut itu adalah langkah putus asa demi menyelamatkan ajang ini.

“Ini adalah keputusasaan. Inilah Academy yang mendirikan sebuah sudtu di mana pemberi suara bisa mengenyahkan (Black Panther) dan film lain seperti itu dengan guncangan di kepala dan ucapan ‘terima kasih sudah tayang’,” tulis Kristopher Tapley, editor penghargaan untuk Variety.

Surat itu tidak memberikan detil mengenai kategori baru itu. Tapi, para kritikus menyebut Academy seperti membuat penghargaan kelas dua dan menyebutnya sebagai penghargaan Black Panther.

“Implikasinya adalah ada penghargaan untuk film populer dan inilah film yang tidak populer,” ujar Alison Willmore, kritikus dan penulis budaya di Buzzfeed News.

Menurut Alison, Academy seharusnya menunggu dampak pada persaingan film terbaik untuk mendorong keanggotaannya yang beragam. “Ada banyak alasan untuk percaya bahwa itu akan mengguncang ide tentang apa film Oscar itu,” kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8510 seconds (0.1#10.140)