AMI Awards 2018 Akan Dianugerahkan pada 26 September 2018

Kamis, 30 Agustus 2018 - 20:30 WIB
AMI Awards 2018 Akan Dianugerahkan pada 26 September 2018
AMI Awards 2018 Akan Dianugerahkan pada 26 September 2018
A A A
JAKARTA - Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) bersama RCTI kembali menghadirkan Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards). Memasuki tahun ke-21, ajang penghargaan tertinggi bagi industri musik Indonesia ini diikuti 1.917 karya yang terdaftar sejak periode 1 Juli 2017—30 Juni 2018 dan kini telah terkumpul 48 kategori.

Angka tersebut naik secara signifikan dari tahun sebelumnya yaitu 1071. Tentu saja kenaikan ini membanggakan bagi YAMI sekaligus membuktikan bahwa dengan peningkatan kinerja organisasi, sosialisasi serta sistem pendaftaran online secara terbuka dan mudah, peran pelaku musik untuk berkiprah di AMI semakin meningkat.

"Tahun ini peserta karya produksi yang masuk didaftarkan 1.917 terbanyak, tahun lalu hanya ada 1.071. Artinya, dunia industri musik Indonesia nggak pernah kering dengan karya keren dan asyik. Ini dibuktikan tim kategori yang terkagum-kagum," ujar Dwiki Dharmawan selaku Ketua Umum Yayasan Anugerah Musik Indonesia saat jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Sama seperti tahun sebelumnya, seluruh data yang masuk dikumpulkan kemudian diadakan sidang kategorisasi. Pada tahap ini, semua lagu ditempatkan ke dalam kategorinya sesuai genre musiknya masing-masing. Setelah sidang kategorisasi selesai, kemudian dilakukan kurasi oleh anggota reguler dan anggota swara dan menentukan calon nominasi.

Pada tahap ini anggota reguler memiliki hak untuk menentukan para calon nominasi sedangkan anggota Swara yang pesertanya terdiri atas pelaku industri musik seperti komposer, produser, penata musik dipilih berdasarkan seleksi yang ketat. Pasalnya, selain mereka bisa menentukan para calon nominasi, mereka juga mempunyai hak untuk menentukan calon penerima penghargaan AMI Awards.

"Tentu tugas juri juga semakin berat dan kerja keras. Kami ini di juri sidang kategorisasi terbagi menjadi berbagai profesi, terbagi dari berbagai macam musik disiplin. Ada yang RnB, rock dan pop dan pendaftar yang masuk kami kategorisasikan yang bisa masuk rock, masuk rock. Setelah semua terbagi dan kita lempar untuk di voting," papar Dian HP selaku juri kategorisasi.

Dwiki menambahkan, setelah data hasil penerima penghargaan AMI, disahkan oleh public auditor dan akan diumumkan secara langsung langsung pada saat malam puncak AMI Awards. "Yang menarik dari proses seleksi dan kategorisasi ini adalah kita bisa mengamati bagaiamana perkembangan tren musik saat ini dan menariknya di periode sekarang ini diluar dari gendre umum pop, gendre hip hop, dance, electronika, folk fam alternatif memperoleh entry yang lumayan tinggi," tambahnya.

Mengusung tema #SatuMusikIndonesia, tema ini menjadi ajakan bahwa bukan saatnya lagi terbelah oleh perbedaan namun memaknai perbedaan ini untuk semakin bekerja sama demi kemajuan musik Indonesia. "Musik menyatukan kita semua, tidak membedakan kepentingan politik," kata Dwiki.

Malam puncak AMI Awards akan digelar pada 26 September 2018 di Ecovention Ancol, Jakarta. "Sebagai stasiun TV kita mendukung industri musik karena bagaimanapun industri ini nggak akan mati. Tanggal 26 September kita akan gelar di Ecovention, Ancol. Mudah-mudahan musik Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negaranya," ujar Untung Pranoto selaku VP Production RCTI.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8638 seconds (0.1#10.140)