Wakil Sumenep Ardea Tersisih di Babak 5 Besar Kontes Dangdut

Kamis, 06 September 2018 - 10:13 WIB
Wakil Sumenep Ardea Tersisih di Babak 5 Besar Kontes Dangdut
Wakil Sumenep Ardea Tersisih di Babak 5 Besar Kontes Dangdut
A A A
SALAH satu kontestan asal Sumenep harus pulang dalam babak 5 besar Kontes Dangdut Indonesia (KDI ) yang disiarkan langsung MNCTV dari Theater Garuda, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (4/9) dini hari.

Upaya peserta asal Sumenep ini untuk melaju ke babak berikutnya pun harus terhenti di babak lima besar ini karena mendapatkan vote dan likes terendah. Meski kecewa tak bisa melaju ke babak berikutnya, dia berusaha menerima keputusan dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukungnya.

“Ardea mengucapkan beribu terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah mendukung saya di ajang ini, khususnya kepada ayah, mama, dan semua masyarakat Sumenep atas dukungannya,” kata Ardea kepada KORAN SINDO seusai babak 5 besar KDI 2018 .

Pada penampilan kali ini, Ardea memang terlihat tidak lebih baik dari kontestan babak 5 besar Kontes KDI lain, yakni Abi (Sidrap), Musbrother (Medan), dan Delima (Tanjung Balai) yang bersaing menjadi yang terbaik.

Ardea tampak kurang maksimal ketika mendapatkan kesempatan untuk unjuk kemampuan dengan menyanyikan dua lagu, berduet dengan para juri dan lagu tantangan kotak rahasia yang dipilih secara acak.

Aksi panggung Ardea yang dinilai terlalu cari aman oleh Iis Dahlia membuat kontestan asal Sumenep ini harus menyudahi perjalanannya di panggung KDI 2018 . Ya, Ardea memang jadi kontestan yang cukup banyak mendapat kritik malam tadi.

Selain dianggap cari aman, Ardea juga dirasa kurang maksimal dalam beberapa bagian lagu Pikir Keri yang ia nyanyikan. Hal itu rupanya ikut berpengaruh pada perolehan voting Ardea. Hingga akhir acara, dia hanya mengumpulkan 17 persen suara baik dari voting SMS maupun Instagram.

“Terima kasih buat semua pendukung, mama, papa, masyarakat Sumenep,” tutur Ardea usai dinyatakan terjemput dari panggung KDI 2018 . Beda halnya dengan kontestan lain bisa dikatakan berimbang.

Hampir seluruh kontestan mendapat kritik dan masukan dari juri atas penampilan mereka. Salah satunya seperti yang dialami Mus Brother, saat Ayu Ting Ting menyoroti perpaduan mereka di atas panggung.

Meski menuai pujian lewat lagu Pecah Seribu yang dibawakan, Ayu menilai salah satu personel Mus Brother masih lebih dominan. Hal serupa juga dialami kontestan asal Tanjung Balai, Delima.

Oleh Elvi Sukaesih, konsentrasi dan artikulasi Delima jadi sorotan di balik kegemilangannya menyanyikan lagu Ilalang milik Camelia Malik. Mus Brother menjadi pembuka pertama acara yang berlangsung meriah itu.

Mus Brother mendapatkan kesempatan berduet dengan Ayu Ting Ting membawakan lagu Tujh Mein Rab Dikhta Hai . Di lagu kedua, tantangan kotak rahasia, Mus Brother menyanyikan lagu Pecah Seribu dengan balutan alunan jazz bercampur dangdut. Tampil sangat impresif.

“Saya salut dengan suara dan kekompakan kalian tadi dan secara keseluruhan saya menilai penampilan yang kalian berikan sangat keren,” ujar Ayu Ting Ting.

Selanjutnya dilanjutkan dengan penampilan Ardea yang mendapat kesempatan berduet dengan juri Iis Dahlia menyanyikan lagu Rindu. Pada lagu tantangan kedua, Ardea membawakan lagu Pikir Keri dengan aransemen reggae menyuguhkan penampilan maksimal.

“Semua tantangan yang diberikan kepada Ardea masih kurang walaupun dengan aransemen yang berbeda. Kamu sering banget nyanyi Jawa Timuran. Aku mau kamu menyanyikan yang bukan di jalur aman. Lagu Jawa Timur sudah Ardea banget,” kata Iis Dahlia.

Dan kontestan ketiga, Abi asal Sidrap, berduet dengan juri Umi Elvi Sukaesih membawakan lagu Pantun Cinta. Selanjutnya, di tantangan kedua, Abi menyanyikan lagu Tidak Semua Laki-Laki dengan alunan jazz.

“Terus terang aku suka kamu membawakan lagu dengan dinamika yang asyik, tapi saat masuk ke versi jazz, kamu terlihat ragu-ragu. Keseluruhan, aku mendapatkan rasa dari kamu sampaikan dari lagu tersebut,” ucap Ikke Nurjanah.

Kemudian, kontestan asal Tanjung Balai, Delima, berduet dengan juri Ikke Nurjanah membawakan lagu Terlena. Pada tantangan kedua, Delima membuat panggung bergetar menyanyikan lagu Ilalang dengan alunan Dangdut Orchestra.

“Penjiwaan dan kontrol suara Delima cukup bagus. Sukses untuk Delima,” komentar Umi Elvi Sukaesih. Pada penampilan terakhir, Janwar, kontestan asal Sinjai, mendapatkan kesempatan berduet dengan juri Fakhrul Razi menyanyikan lagu Gerimis Mengundang.
Kemudian pada tantangan kedua, Janwar membawakan lagu Adu Domba dengan versi rockdut tampil spektakuler dan mendapatkan pujian dari juri Fakhrul Razi. “Janwar seorang penyanyi yang cepat beradaptasi dan jenius. Penampilannya selalu meningkat. Kamu memberikan kejutan di luar ekspektasi saya,” ucap Fakhrul Razi.

Tersisihnya langkah Ardea asal Sumenep di babak 5 besar Kontes KDI 2018 pun membuat persaingan semakin seru dan menarik dengan menyisakan empat kontestan, Abi (Sidrap), Musbrother (Medan), Janwar (Sinjai), dan Delima (Tanjung Balai). Mereka akan bersaing di empat besar Kontes KDI 2018.

Tak hanya itu, jalannya babak 5 besar KDI 2018 ini terasa begitu istimewa dengan kehadiran band papan atas Tanah Air, Repvblik, yang membawakan lagu Selimut Tetangga, Aku Takut, dan Simpanan Hatimu, dan berduet bersama Mahesya, Nurdin, dan Yogi menyanyikan lagu Selimut Tetangga.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4483 seconds (0.1#10.140)