Pesona Singkawang, Kota yang Memiliki Kekayaan Budaya Indonesia

Senin, 10 September 2018 - 18:29 WIB
Pesona Singkawang, Kota...
Pesona Singkawang, Kota yang Memiliki Kekayaan Budaya Indonesia
A A A
JAKARTA - Beragam destinasi wisata dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia, termasuk tempat wisata budaya di Kota Singkawang. Jika Anda datang ke kota di Kalimantan Barat ini, banyak tempat yang bisa dikunjungi, khususnya mengenai kebudayaan Indonesia.

Wisata budaya Singkawang ini pun menjadi pilihan saat Anda bosan dengan liburan yang itu-itu saja, seperti pantai atau pegunungan.

Nah, berikut pesona wisata budaya Singkawang yang bisa dijadikan pilihan untuk berlibur seperti dikutip Travelingyuk.

1. Rumah Keluarga Tjhia

Rumah keluarga Tjhia ditetapkan oleh Pemerintah Kota Singkawang sebagai salah satu cagar budaya. Rumah bersejarah ini dibangun pada tahun 1902 di Jalan Budi Utomo, Condong, Singkawang. Rumah keluarga ini adalah milik seorang pendatang dari Fujian, China, bernama Tjhia. Tjhia menetap di Singkawang dan menjadi pengusaha sukses di sana, hingga Tjhia dapat membangun rumah dengan gaya China campur Eropa yang hingga saat ini masih berdiri dan dapat dikunjungi.

2. Singkawang Cultural Center

Pemerintah Kota Singkawang meresmikan Singkawang Cultural Center (SCC) atau Rumah Budaya pada 18 Desember 2017. SCC didesain oleh arsitek Hendy dan Patrick Lim. Singkawang Cultural Center dibangun atas dasar keinginan menjadikan Singkawang sebagai tujuan wisata dunia berbasis budaya atau branding world tourism destination. Guna melestarikan nilai-nilai budaya, SCC dibangun menggunakan produk-produk lokal.

3. Kelenteng Bumi Raya

Kota Singkawang dijuluki juga dengan istilah kota Seribu Kelenteng. Tidak heran jika salah satu wisata budaya Singkawang adalah kelenteng. Kelenteng Bumi Raya merupakan kelenteng bersejarah. Bangunan ini berdiri sejak 1878 dan dijadikan ikon Kota Singkawang.

4. Pusat Kota Singkawang

Wisata budaya Singkawang bisa dinikmati di pusat Kota Singkawang. Selayaknya pusat kota, Pusat Kota Singkawang juga kerap menjadi tempat-tempat pelaksanaan berbagai event budaya. Salah satu event budaya yang diadakan di pusat Kota Singkawang adalah pawai lampion replika 12 shio. Karnaval ini bisa menjadi hiburan yang menyenangkan sekaligus langka karena hanya bisa ditemui di Singkawang.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0621 seconds (0.1#10.140)