Didominasi Sumatera, API Awards Munculkan Juara Pariwisata Baru

Jum'at, 23 November 2018 - 20:28 WIB
Didominasi Sumatera, API Awards Munculkan Juara Pariwisata Baru
Didominasi Sumatera, API Awards Munculkan Juara Pariwisata Baru
A A A
JAKARTA - Indonesia semakin kaya akan kepariwisataan maupun destinasi wisata. Hal ini tampak dari munculnya wilayah-wilayah baru yang sebelumnya tidak pernah muncul sebagai juara dalam Anugerah Pesona Indonesia (API Awards).

Dalam malam penghargaan API Awards 2018 yang berlangsung di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Kamis (22/11), diketahui pariwisata Sumatera mendominasi perolehan penghargaan. Namun, terdapat juga sejumlah daerah yang sebelumnya tidak pernah muncul sebagai juara.

"Pada penyelenggaraan tahun ini, sebagian besar juara didominasi oleh pariwisata dari sekitar pulau Sumatera. Terlepas dari dominasi tersebut, pada tahun ini pula mulai bermunculan juara-juara pariwisata baru dari wilayah-wilayah yang sebelumnya tidak pernah muncul sebagai juara seperti Bengkulu, Lampung, Sulawesi Tengah bahkan tanah Papua," jelas Ketua Penyelenggara API Awards 2018, Hiro Kristianto.

Hiro Kristianto pun berharap bahwa penyelenggaraan kegiatan ini juga akan dapat terus semakin meningkat, sehingga dapat terwujud menjadi inspirasi pariwisata Indonesia.

Untuk diketahui, API Awards merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Ajang yang didukung penuh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Pada API Awards tahun ini, terdapat 18 kategori yang diperlombakan dengan 54 pemenang. Selain itu, ada juga dua kategori khusus, yaitu Juara Favorit dan Juara Umum. Kampung Terih Kota Batam berhasil tampil sebagai Juara Favorit, dan Provinsi Sumatera Selatan meraih Juara Umum, setelah memenangkan beberapa kategori seperti Wisata Halal, Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, Kampung Adat Terpopuler, dan lain-lain.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Masruroh menambahkan bahwa Kemenpar mendukung ajang penghargaan seperti ini dan semua daerah wisata yang telah memenangkan penghargaan juga telah dikembangkan oleh Kemenpar. "Ajang ini semakin meningkatkan perjalanan wisata nusantara, sampai saat ini banyak orang terutama anak-anak muda yang belum mengenal destinasi wisata yang baru," kata dia.

"Saya senang di ajang ini ada kategori surga yang tersembunyi, harus digali lagi semakin banyak agar tidak hanya di permukaan saja. Indonesia banyak anak muda, disamping kita mengundang wisatawan luar untuk datang, kita juga ingin ada pergerakan di dalam," sambung Masruroh.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7519 seconds (0.1#10.140)
pixels