Hidup Sehat dengan Nutrisi Seimbang dan Olahraga

Rabu, 26 Desember 2018 - 09:00 WIB
Hidup Sehat dengan Nutrisi Seimbang dan Olahraga
Hidup Sehat dengan Nutrisi Seimbang dan Olahraga
A A A
JAKARTA - Gizi memainkan peranan penting dalam kesehatan. Sayangnya, masyarakat masih mengonsumsi makanan yang tidak memiliki asupan gizi seimbang.

Urgensi pengetahuan gizi bagi masyarakat luas perlu mendapat perhatian bersama. Filosofi asupan nutrisi seimbang yang dipadukan dengan olahraga teratur ini telah menjadi komitmen perusahaan nutrisi global Herbalife Nutrition.

“Kami berkomitmen mengampanyekan gaya hidup sehat melalui asupan nutrisi yang baik dan diimbangi dengan olahraga,” tutur Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi.

Dalam rangka memberikan edukasi tentang pentingnya nutrisi dalam berolahraga, Herbalife menggandeng LA Galaxy menggelar tur Asia beberapa waktu lalu di Jakarta dan Jepang.

“Kerja sama Herbalife Nutrition dengan LA Galaxy dalam menggelar tur Asia ini diharapkan dapat memberi pesan tentang nutrisi yang baik dalam menjalani hidup yang lebih sehat dan lebih bahagia di Indonesia dan Jepang,” ujar Andam.

Selain itu, tukasnya, dalam tur Asia ini diadakan edukasi terkait nutrisi dan pendidikan olahraga bagi komunitas olahraga di Tanah Air. Dikatakan Nicole, nutrisionist untuk LA Galaxy, nutrisi sangat penting untuk para atlet.

“Para pemain (LA Galaxy) harus makan tepat waktu, hidrasi yang cukup dan asupan karbohidrat sebelum pertandingan juga harus terpenuhi,” ujarnya. Tak lupa ia menekankan perlunya mengonsumsi air elektrolit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Kadar elektrolit di dalam tubuh perlu dijaga agar berada pada rentang normal supaya fungsi-fungsi tubuh berjalan dengan normal dan performa atlet bisa tetap terjaga. Yang tak kalah penting ialah memastikan tubuh mendapat porsi istirahat yang cukup.

“Asupan makronutrien tidak perlu banyak, sementara mikronutrien juga perlu diperhatikan,” tutur Broke, yang juga ahli gizi untuk LA Galaxy. Protein amat diperlukan untuk membantu membangun otot dan jaringan tubuh lainnya.

Protein juga menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh selama beraktivitas. “Sebab ketika berolahraga, ada otot yang robek, nah di sinilah protein berperan untuk membantu pemulihan tubuh,” kata Broke. Untuk diketahui, di dalam tubuh, protein akan dicerna untuk dipecah menjadi asam amino.

Zat ini dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan molekul penting dalam tubuh, seperti enzim, hormon, dan protein. Tanpa asupan protein yang memadai, tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

“Protein di sini bukan ayam goreng atau makanan yang digoreng, justru makanan yang digoreng membuat tubuh menjadi mudah lelah. Sayuran dan buah juga harus mendapat porsi yang cukup,” bebernya.

Pemain LA Galaxy pada posisi bek (defender), Daniel Steres, menjelaskan, sebelum latihan, saat latihan, dan setelah latihan, tubuh perlu hidrasi yang baik.

Selain itu, asupan karbohidrat diperlukan untuk energi selama latihan dan protein untuk pemulihan otot. Kemudian diimbangi minum Herbalife CR7 untuk mempertahankan performa. “Tanpa minum shake enggak bisa pertahankan rutinitas. Fokusnya hidrasi cukup,” sambungnya.

Tidak hanya memberikan edukasi dan coaching clinic , LA Galaxy turut memberikan bantuan dana tunai USD14.000 kepada panti asuhan penerima manfaat Program Casa Herbalife, Pondok Kasih Agape dan Rumah Autis.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat serta para atlet di Indonesia tentang pentingnya asupan nutrisi yang baik untuk meningkatkan performa kita sehari-hari,” sebut Andam Dewi. (Sri Noviarni)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0871 seconds (0.1#10.140)