Cepat Ubanan Tanda Kekurangan Zat Gizi, Salah Satunya Vitamin D3

Jum'at, 28 Juni 2024 - 12:40 WIB
loading...
Cepat Ubanan Tanda Kekurangan Zat Gizi, Salah Satunya Vitamin D3
Cepat ubanan bisa menjadi tanda kekurangan zat gizi yang tidak boleh diabaikan. Umumnya, munculnya uban di usia muda sering dikaitkan dengan faktor genetik. Foto/Glamot
A A A
JAKARTA - Cepat ubanan bisa menjadi tanda kekurangan zat gizi yang tidak boleh diabaikan. Umumnya, munculnya uban di usia muda memang sering dikaitkan dengan faktor genetik. Namun, kekurangan zat gizi tertentu juga dapat menjadi penyebab seseorang cepat ubanan.

Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan uban , termasuk genetika, stres, dan gaya hidup. Salah satu faktor yang sering diabaikan adalah kekurangan zat gizi. Rambut mendapatkan warnanya dari pigmen melanin yang diproduksi oleh sel-sel melanosit.

Seiring bertambahnya usia, produksi melanin menurun secara alami, sehingga rambut mulai memutih. Namun, kekurangan beberapa zat gizi dapat mengganggu proses produksi melanin, menyebabkan rambut beruban lebih cepat.

"Kamu yang cepat ubanan bisa jadi kamu kekurangan zat gizi. Cepat ubanan itu bisa terjadi pada orang di bawah usia 25 tahun sudah muncul uban," kata Mikayla Thwayya selaku ahli gizi dikutip dari akun Instagram pribadinya, @mikaylathwayya, Jumat (28/6/2024).



"Penyebabnya bisa gara-gara stres, genetik, atau bahkan kekurangan zat gizi atau kondisi lainnya," sambungnya.

Beberapa zat gizi seperti vitamin B12, biotin, zat besi, tembaga hingga vitamin D penting untuk menjaga kesehatan rambut dan produksi pigmen. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia pernisiosa, yang mengganggu produksi sel darah merah dan memengaruhi kesehatan rambut. Hal ini dapat menyebabkan rambut rapuh, rontok, dan beruban dini.

Vitamin D penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berbagai masalah kulit dan rambut, termasuk uban. Sumber vitamin D meliputi paparan sinar matahari, ikan berlemak, dan suplemen.

Biotin membantu tubuh memproduksi asam lemak yang penting untuk kesehatan rambut. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rapuh, mudah patah, dan beruban dini. Zat besi berperan penting dalam mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke folikel rambut.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)
pixels