Ini Kelebihan Gunakan Layanan Laundry Premium

Kamis, 31 Januari 2019 - 18:37 WIB
Ini Kelebihan Gunakan Layanan Laundry Premium
Ini Kelebihan Gunakan Layanan Laundry Premium
A A A
JAKARTA - Jasa pencucian baju di penatu kerap menjadi pilihan sebagian besar masyarakat ketika tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian. Banyak alasan yang mendasarinya, salah satunya adalah rutinitas di luar rumah yang menguras banyak waktu dan tenaga.

Penggunaan jasa layanan laundry dipandang sangat membantu mereka, terlebih di tengah musim hujan dan kondisi cuaca yang kerap tidak menentu.

Layanan laundry sendiri terbagi dalam dua jenis yang cukup berbeda, baik itu dari sisi harga, pelayanan, kualitas, dan tentunya standar pencucian. Umumnya, di Indonesia terdapat dua jenis layanan laundry yang dikenal, yakni laundry kiloan dan premium.

Tidak susah bagi kita untuk menemukan laundry kiloan, bahkan di perkampungan sekalipun. Namun, bagaimana dengan laundry kelas premium. Sepertinya masih belum banyak masyarakat yang mengenalnya.

Melalui keterangan tertulis kepada SINDOnews, Regiana Widjaja dari Pressto Laundry & Dry Cleaning akan membeberkan sejumlah informasi mengenai keuntungan menggunakan jasa laundry kelas premium, di antaranya sebagai berikut:

1. Pengecekan pakaian yang menyeluruh
Di laundry premium seperti Pressto Indonesia, proses pengecekan pakaian satu per satu dengan berbagai tahapan dilakukan untuk menemukan noda, jenis bahan pakaian dan juga label perawatan yang melekat. "Tahapan pengecekan pakaian ini menentukan proses pencucian yang sesuai agar tidak merusak pakaian," ujar Regiana.

Tidak semua penyedia layanan laundry melakukan proses ini, misalnya laundry kiloan yang biasanya langsung memproses pakaian. Proses yang detail ini menjadi salah satu alasan mengapa harga layanan laundry premium jauh lebih tinggi.

2. Pembersihan noda yang detail
Penyedia layanan laundry premium pada umumnya menggunakan bahan kimia yang berbeda-beda untuk setiap jenis noda, mulai dari noda makanan, noda tinta, noda karat, noda keringat, hingga noda bekas make-up. "Pressto melakukan proses pembersihan noda yang kami sebut spotting, di mana setiap noda akan dibersihkan secara manual dengan cairan pembersih yang sesuai, sebelum membersihkan pakaian secara menyeluruh," ungkap Regiana.

Bahkan, laundry premium akan membedakan pakaian yang bisa dicuci dengan mesin wet cleaning atau dry cleaning berdasarkan jenis bahan dan label perawatan yang melekat. Jadi, deterjen saja tidak cukup untuk memberikan perawatan terbaik untuk pakaian kesayangan Anda.

3. Setiap bahan mendapatkan perlakuan khusus
Di laundry premium, karena kelengkapan mesin dan bahan, serta teknik yang modern, semua jenis bahan akan diperlakukan spesial dan berbeda-beda. Menurut Regiana, setiap bahan memiliki karakteristik dan keunikan masing-masing, sehingga memerlukan perlakukan yang berbeda-beda. Sehingga tidak seharusnya semua pakaian dimasukkan jadi satu ke dalam mesin cuci karena mungkin akan terjadi kerusakan atau risiko lainnya.

"Sebagai konsumen yang cedas, kita juga harus memahami perawatan pakaian kita, jadi tidak hanya membelinya saja karena pakaian yang kita beli merupakan investasi yang berharga," terangnya.

4. Pengemasan Pakaian yang rapi
Pengemasan merupakan hal penting dalam industri layanan laundry premium karena merupakan cerminan dari hasil layanan. Sebagai pelaku usaha laundry premium, Regiana mengatakan jika di tempatnya, pihaknya selalu memastikan bahwa pengemasan pakaian dilakukan dengan baik agar hasil perawatan terlihat sempurna dan terhindar dari kotor dan lusuh. "Pengemasan disesuaikan dengan ukuran, bobot, bentuk, dan sifat dari pakaian," sambungnya.

Yang perlu kita ketahui sebagai konsumen, selalu pastikan label perawatan yang ada pada pakaian yang kita beli. Apabila pakaian tersebut memerlukan perlakuan khusus, atau tidak mungkin dibersihkan sendiri, serahkanlah ke penyedia layanan laundry premium, terutama jika pakaian memiliki nilai harga yang tinggi.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4173 seconds (0.1#10.140)