Tips Mengolah Ayam Goreng Lada Hitam

Senin, 08 April 2019 - 12:01 WIB
Tips Mengolah Ayam Goreng Lada Hitam
Tips Mengolah Ayam Goreng Lada Hitam
A A A
JAKARTA - Bunda punya stok ayam di rumah? Dari pada bingung mengolah menu yang satu ini, buat saja Ayam Goreng Lada Hitam dan olahan ayam jarang gagal menggoyang lidah. Apalagi, ayam menjadi bahan makanan yang cukup praktis untuk dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat.

Perpaduan pedasnya lada hitam dengan lembutnya daging ayam menambah kenikmatan bersantap hari ini. Berikut resep membuat Ayam Goreng Lada Hitam seperti dikutip akun Instagram @berbagiresep. (Baca juga: Dadar Garing Telur Jogja, Resep Praktis Sarapan untuk Pemula ).

Bahan-bahan:
1/2 kg ayam, potong sesuai selera
1/4 bh paprika hijau, iris
1/4 bh paprika merah, iris
1/2 siung bombay, iris
3 siung bawang putih, cincang halus Minyak untuk menggoreng
50-70 ml air matang
Garam
Bawang putih bubuk untuk marinasi ayam
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap inggris
1/2 sdt kecap asin
1 sdm lada hitam tumbuk kasar

Cara membuat:

Cuci bersih ayam, potong sesuai selera. Marinasi dengan garam dan bawang putih bubuk 20 menit di kulkas . Panaskan minyak di wajan anti lengket, goreng ayam dengan api sedang hingga kecil dan wajan tertutup hingga matang dan kecoklatan. Angkat sisihkan. Sisakan 3 sdm minyak di wajan yang sama, tumis bawang putih hingga harum dan berwarna agak kecoklatan.

Masukan lada hitam, tumis sebentar lalu masukan sisa bumbu lainnya. Masukan ayam dan air matang aduk perlahan hingga ayam terselimuti bumbu. Koreksi rasa. Masukan paprika dan bawang bombay. Masak sebentar saja. Angkat. Ayam goreng lada hitam siap dihidangkan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4535 seconds (0.1#10.140)