Ini Alasan Bau Mulut Saat Puasa

Jum'at, 10 Mei 2019 - 12:07 WIB
Ini Alasan Bau Mulut Saat Puasa
Ini Alasan Bau Mulut Saat Puasa
A A A
JAKARTA - Saat berpuasa, mulut menjadi anggota tubuh yang memerlukan perhatian lebih. Pasalnya, kondisi mulut menjadi kering dan sering kali menimbulkan nafas tak sedap. Ini menjadi masalah yang kerap dialami banyak orang. Lantas, apa yang menyebabkan bau mulut saat berpuasa?

Timbulnya bau mulut saat puasa tak lain disebabkan tidak ada asupan makanan dan minuman selama seharian sehingga produksi air liur yang berfungsi membilas kuman penyebab plak dan bau mulut otomatis menurun.

Selain itu, air liur juga berperan untuk menghilangkan sel-sel mati yang terakumulasi pada lidah, gusi, dan pipi. Jika sel-sel mati ini dibiarkan saja, maka dapat menyebabkan bau mulut.

"Dengan bakteri yang terus berkembang biak tanpa adanya pembilasan dari air liur, maka kondisi ini menghasilkan gas berbau tidak sedap dari dalam mulut," kata pakar kesehatan gigi dan mulut, Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc. (Baca juga: Ini Cara Pasien Diabetes di Perkotaan Berpuasa Ramadhan ).

Kurang bersih menyikat gigi juga dapat menyebabkan bau mulut saat berpuasa. Namun, yang perlu diingat adalah menyikat gigi saja tidak cukup. Untuk membersihkan mulut, Drg. Ratu Mirah mengimbau untuk membersihkan lidah menggunakan benang gigi.

"Apalagi pas abis sahur, nggak sikat gigi, bakteri semakin banyak," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7474 seconds (0.1#10.140)