5 Ide Menu Buka Puasa yang Terinspirasi dari Serial Kuliner Netflix

Senin, 20 Mei 2019 - 17:30 WIB
5 Ide Menu Buka Puasa yang Terinspirasi dari Serial Kuliner Netflix
5 Ide Menu Buka Puasa yang Terinspirasi dari Serial Kuliner Netflix
A A A
JAKARTA - selama Ramadhan, waktu berbuka sering kali dijadikan ajang berkumpul keluarga dan teman. Baik di rumah atau di restoran.

Jika Anda berencana untuk menggelar acara buka puasa di rumah, Netflix memiliki berbagai pilihan serial kuliner yang tidak hanya menghibur, juga menjadi inspirasi untuk menu buka puasa.

Menu yang tersedia, dari makanan tradisional Yogyakarta hingga makanan kaya rempah khas India. Berikut lima ide menu buka puasa yang terinspirasi dari serial kuliner Netflix.

1. Cita Rasa Yogyakarta - Street Food
Dengan kuliner yang beragam dan kaya rasa, tidak heran apabila Indonesia menjadi salah satu negara yang ditampilkan dalam serial Netflix Original Street Food. Pada episode ini, Yogyakarta digambarkan sebagai kota yang tidak terpengaruh oleh modernisasi atau globalisasi dalam menghidangkan makanan tradisionalnya. Contohnya Mbah Lindu yang telah membuat gudeg setiap hari selama 86 tahun tanpa mengubah resepnya, atau Mbah Satinem sang penjual jajanan pasar yang legendaris.

Jika Anda merindukan cita rasa tradisional khas Yogyakarta, cobalah untuk menambahkan menu jajanan pasar, gudeg, atau mie lethek untuk hidangan berbuka. (Baca juga: Es Oyen Bikin Segar Saat Berbuka Puasa ).

2. Pesta Pizza - Ugly Delicious
Siapa yang tidak suka kombinasi roti dengan topping daging, keju, jamur, dan paprika. Makanan lezat dari Italia ini telah memenangkan hati banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Anda bahkan dapat bebas berkreasi dalam memilih topping pizza karena tidak ada resep khusus untuk memastikan kelezatannya.

Salah satu episode dalam serial Netflix Original Ugly Delicious memperlihatkan keterampilan para chef dari Jepang, Amerika, dan Italia ketika membuat pizza andalan mereka masing-masing. Hal ini membuktikan bahwa kita bisa menyesuaikan topping sesuai dengan selera dan gaya kita. Membuat pizza untuk hidangan berbuka juga bisa menjadi kegiatan memasak yang menyenangkan untuk dilakukan bersama teman maupun keluarga di bulan Ramadan.

3. Taco’s Night - The Final Table
Setelah berpuasa selama 13 jam, tentunya tubuh membutuhkan makanan yang dapat membangkitkan energi. Makanan Mexico dapat menjawab kebutuhan tersebut dengan rasanya yang lezat dan tampilannya yang berwarna. Taco juga mengandung jumlah karbohidrat, kalori, dan protein yang diperlukan tubuh setelah berpuasa seharian.

Dalam salah satu episode The Final Table, sebuah kompetisi memasak berdasarkan hidangan suatu negara, kontestan ditantang untuk membuat taco. Saksikan bagaimana para chef profesional yang berbakat ini mengubah hidangan sederhana seperti taco menjadi masakan kelas dunia. Siapa tahu Anda jadi terinspirasi untuk membuat taco sendiri sebagai makanan berbuka puasa.

4. Little India - Chef’s Table
Jika Anda berencana mengadakan acara buka puasa dengan jumlah tamu yang cukup banyak, coba sajikan makanan India. Selain bumbu rempahnya yang kaya rasa, makanan India juga terkenal akan porsinya yang besar. Salah satu hidangan yang menjadi favorit banyak orang adalah nasi biryani. Anda dapat menikmati nasi biryani dengan kuah kari atau sayur-sayuran seperti palak paneer.

Untuk ide masakan India yang lebih populer, Anda bisa belajar dari Asma Khan, seorang koki asal Kalkuta yang pindah ke London untuk membuka restoran India. Asma tampil dalam salah satu episode Netflix Original Chef's Table yang menghadirkan jajaran chef ternama di dunia. Pada episode ini, Asma akan bercerita mengenai aspirasinya dalam membuat makanan India yang autentik.

5. Hidangan penutup yang cantik dan manis - Nailed It!
Setelah berbuka puasa dengan sajian yang lezat, selalu ada ruang untuk hidangan penutup. Netflix merekomendasikan Nailed It! untuk mencari inspirasi berbagai hidangan penutup yang tidak hanya menggugah selera, namun enak dilihat. Acara ini merupakan kompetisi memasak, di mana tiga pembuat kue amatir bertanding untuk mendapatkan hadiah yang menarik dengan membuat replika berbagai kue dan permen yang rumit.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3787 seconds (0.1#10.140)