alexametrics

Kolaborasi Tompi dengan Personel Incognito Buahkan Dua Buah Karya

loading...
Kolaborasi Tompi dengan Personel Incognito Buahkan Dua Buah Karya
Kolaborasi Tompi dengan Personel Incognito Buahkan Dua Buah Karya
A+ A-
JAKARTA - Penyanyi jazz Tanah Air, Teuku Adifitrian atau yang dikenal Tompi akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya untuk berkolaborasi dengan musisi idolanya asal Inggris, Jean Paul "Bluey" Maunick. Sebuah single berjudul Feel This Way pun menjadi buah kolaborasi mereka.

Berawal dari ketertarikan Jean Paul Maunick, yang merupakan gitaris band jazz kenamaan Incognito, saat menyaksikan aksi panggung Tompi di Java Jazz Festival 2018, akhirnya kedua musisi berbeda negara ini melakukan kolaborasi.

"Java Jazz Festival dua tahun lalu, pas saya perform dia masuk ke backstage, dia penasaran karena full penonton, dia yang nyamperin dan minta kenalan, terus mengaku ingin ada kolaborasi," tutur Tompi saat ditemui SINDO dalam momen buka puasa bersama 'Romansa Berbuka with Tompi' di Melodia Musik, Jakarta Selatan, Selasa (21/5) malam.



Sejak saat itu, pria kelahiran Lhokseumawe, Aceh, 22 September 1978 tersebut intens menjalin komunikasi. Mereka pun akhirnya merencanakan sebuah proyek kolaborasi selepas nge-jams bersama. Meski awalnya ragu untuk berkolaborasi, namun Tompi semakin percaya diri setelah Paul Jean Maunick mengagumi kemampuan, pengetahuan dan wawasan musiknya.

"Gue pikir dia cuma ngecap (bercanda) doang. Ternyata beberapa hari kemudian, dia mengirimkan email ke gue. Beneran nih bule (mengajak duet dan berkolaborasi) dan hal pertama yang gue kerjakan adalah membuat lagu yang jadi cikal bakal Feel This Way," kata Tompi.

"Waktu itu gue bikin aransemen cuma pakai gitar, kirim ke dia pakai HP, dan dia yang aransemen untuk lirik lagunya dan dia yang menuliskan lirik lagunya dalam bahasa Inggris kemudian dia juga ingin ada lirik bahasa Indonesia," lanjutnya.

Alhasil, musisi yang juga dikenal sebagai seorang dokter spesialis bedah plastik dan fotografer profesional itu terbang ke London menemui Bluey. Di sana, Tompi melakukan pembuatan lirik serta proses rekaman. "Gue rekaman satu hari di London, setelah itu gue iseng bikin video klip. Jadi di London cuma dua hari langsung membuat rekaman," terang pelantun Sedari Dulu tersebut.

Salah satu personel Trio Lestari itu mengungkapkan bahwa Feel This Way berkisah tentang seorang laki-laki yang tengah jatuh cinta kepada seorang wanita. "Lagunya berkonsep soal pria jatuh cinta. Pesannya simple, jatuh cinta itu indah. Lirik bahasa Inggris, Bluey yang bikin, bagian bahasa Indonesia saya yang buat dan lirik lagu ini bercerita tentang cinta. Liriknya, kata-katanya puitis," papar suami Arti Indira ini.

Dalam sebuah tayangan video, Bluey memberikan pujiannya kepada Tompi menyusul terlaksananya kolaborasi tersebut. "Tompi adalah seorang penyanyi, media sosial komentator, dokter bedah, fotografer, videomaker, pendukung hebat untuk membangun Indonesia. Kolaborasi dengan Incognito menonjolkan keindahan suaranya dan mengekspresikan jiwa internasionalnya dengan sentuhan eksotika Brasilia," ungkap Bluey dalam tayangan yang diputar.

Tompi menanggapi jika Bluey merupakan sosok yang humble, dan dia banyak belajar dari pengalaman musisi kelas dunia tersebut. Single Feel This Way turut mengingatkan Tompi pada single band pertamanya Bali Lounge.

"Cara kerja dan cara pikir dia simpel dalam berkarya, enggak banyak aneh-aneh atau ribet, namun dia selalu tekankan bahwa kalau lagu itu feel dan flow sudah enak. Makanya dia enggak terlalu teknikal sebagai musisi, dan hadirnya single ini terus terang ingatkan gue pada single Something Wrong di mana tipikal melodi saya banyak keluarkan di sini," tutur Tompi.

Sementara itu, Feel This Way ternyata bukan satu-satunya hasil karya Tompi bersama Bluey. Pasalnya, masih ada lagu Something To Live For yang rencananya bakal dirilis pada Juni mendatang.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak