Tips Meningkatkan Kualitas dan Produktivitas ASI

Jum'at, 24 Mei 2019 - 23:30 WIB
Tips Meningkatkan Kualitas dan Produktivitas ASI
Tips Meningkatkan Kualitas dan Produktivitas ASI
A A A
JAKARTA - Pemberian Air Susu Ibu (ASI) ekslusif memiliki peranan sangat penting dalam membentuk tumbuh kembang serta kecerdasan anak. Nah, untuk menghasilkan ASI yang berkualitas perlu memerhatikan asupan gizi yang cukup dan tepat supaya dapat menjaga kesehatan ibu dan memperlancar produksi ASI.

Untuk diketahui, produktivitas ASI pada ibu menyusui di pengaruhi oleh dua hormon yaitu prolaktin dan oksitosin. Prolaktin adalah hormon yang membuat sel-sel produksi ASI bekerja secara maksimal. Sedangkan oksitosin adalah hormon yang memacu refleks pengaliran ASI.

Oksitosin dipengaruhi oleh kondisi psikologis Ibu, jika ibu merasa tenang, nyaman, dan bahagia hormon akan berlimpah dan ASI pun akan mengalir lancar. Selain itu, dibutuhkan pula asupan gizi yang baik untuk dapat membantu merangsang hormon prolaktin dan membuat ASI yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas.

Salah satu zat gizi utama yang diperlukan ibu selama masa menyusui adalah protein. Protein merupakan salah satu zat gizi yang mendukung sintesis hormon prolaktin. Selain itu, protein juga memengaruhi sintesis hormon oksitoksin. '

Saat menyusui asupan protein Ibu harus selalu terpenuhi. Bagi Ibu protein merupakan zat gizi yang akan membantu proses pemulihan tubuh Ibu pascamelahirkan. Karena protein merupakan zat gizi yang membentuk pertumbuhan sel tubuh. Sedangkan bagi bayi protein akan mendukung kualitas ASI yang baik," tuturnya.

Vitamin dan mineral pun dibutukan untuk memperlancar ASI. Vitamin dan mineral dapat kita jumpai pada sayur dan buah-buahan. Serat yang terkandung dalam buah dan sayur sangat baik bagi sistem pencernaan ibu, khususnya yang sering mengalami keluhan konstipasi setelah melahirkan.

Tak hanya itu, vitamin dan mineral berkhasiat meningkatkan sistem imunitas tubuh agar ibu tidak mudah terserang penyakit. “Selain mengonsumsi makanan sehat, berbagai kebutuhan pelengkap gizi tersebut umumnya juga bisa didapatkan dari Sweetaby yang merupakan minuman serbuk instan rasa lemon segar yang dapat membantu memenuhi asupan gizi yang diperlukan untuk ibu menyusui serta dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas ASI,” klaim Lia Fitri Margateta, Kepala R&D Sweetaby.

Dia mengatakan, cukup banyak produk sejenis di pasaran. Namun kandungan lain yang terdapat pada produk-produk tersebut perlu diwaspadai dampak serta efek yang ditimbulkan, apalagi kalau produk-produk tersebut belum mengantongi izin.

"Hal tersebut yang menjadi pembeda Sweetaby dibandingkan produk-produk sejenis lainnya,” kata Lia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3855 seconds (0.1#10.140)