Ingin Menyusui Aman di Masa Pandemi? Perhatikan Hal Berikut ini!

Minggu, 15 November 2020 - 09:11 WIB
loading...
Ingin Menyusui Aman di Masa Pandemi? Perhatikan Hal Berikut ini!
Ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh para ibu yang menyusui di masa pandemi. Foto/Indianaexpress
A A A
JAKARTA - Menyusui merupakan kebutuhan eksklusif bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya. ASI memberikan kecukupan dan kelengkapan nutrisi serta perlindungan terhadap berbagai penyakit.

Sampai Oktober 2020, virus SARS-COV2 belum ditemukan terdeteksi pada ASI. Para peneliti terus-menerus melakukan penelitian dan melakukan telaah lebih lanjut terhadap ibu hamil dan menyusui yang terkonfimasi Covid-19.

Baca juga : Ibu Penyitas Covid-19 Jangan Berhenti Menyusui

Dokter umum konsultan laktasi yang berpraktik di RS Pondok Indah – Puri Indah dan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, dr. Meutia Ayuputeri Kumaheri, M.Res, IBCLC, CIMI mengatakan penularan virus penyebab sakit pernapasan melalui ASI tergolong rendah, sehingga WHO (World Health Organization) tetap memberikan rekomendasi bagi ibu yang terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) maupun Covid-19 untuk tetap menyusui.

“Seorang ibu yang positif Covid-19 atau yang dicurigai terinfeksi Covid-19 dalam isolasi mandiri dapat menyusui dan menerapkan langkah-langkah berikut ini demi menjamin keamanan bayi dari penularan penyakit,” ucap dr Meutia. Langkah tersebut diantaranya.

• Cuci tangan sebelum bersentuhan dengan bayi, peralatan pompa, dan peralatan minum bayi.

• Ikuti semua petunjuk cara membersihkan peralatan pompa dan minum bayi.

• Gunakan masker wajah saat menyusui bayi. Atau Ganti masker apabila lembab atau basah dan Segera buang masker sekali pakai setelah tidak digunakan.

Baca juga : Manfaat Produk Herbal Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

• Apabila ibu harus dalam perawatan terpisah dengan bayi, cari informasi terkait donor ASI atau orang sehat yang dapat memberikan ASI perah kepada bayi. Orang sehat yang merawat dan memberikan ASI perah kepada bayi juga harus menjalankan protokol kesehatan yang sama dengan ibu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)