Tips Aman Puasa untuk Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar

Senin, 04 Maret 2024 - 12:30 WIB
loading...
Tips Aman Puasa untuk Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar
Ada beberapa tips aman puasa untuk ibu menyusui agar ASI tetap lancar. Puasa saat menyusui memerlukan perhatian khusus untuk memastikan kesehatan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tips aman puasa untuk ibu menyusui agar tidak lemas dan air susu ibu (ASI) tetap lancar. Puasa saat menyusui sendiri memerlukan perencanaan dan perhatian khusus untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan ibu serta bayi.

Ini karena kesehatan dan kesejahteraan ibu serta bayi adalah yang terpenting. Di sisi lain, dokter spesialis anak, dr Hendra Sp.A mengatakan bahwa ibu menyusui yang ingin puasa tergantung pada kondisinya.

“Semua itu tergantung pada si ibu. Kalau mau puasa silahkan, tapi jika tidak puasa karena tidak kuat bisa membayar qadha dan itu diperbolehkan,” kata dr Hendra dikutip dari akun TikTok pribadinya, @bicaraasikecil, Senin (4/3/2024).

“Buat ibu yang sedang menyusui bisa banget loh berpuasa di bulan Ramadan. Karena produksi ASI tidak dipengaruhi oleh banyak atau sedikitnya makanan yang dikonsumsi oleh Ibu,” sambungnya.



Hanya saja, kualitas ASI akan dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sang ibu. Sehingga, dr Hendra menyarankan para ibu menyusui yang ingin menjalankan puasa tetap harus menjaga nutrisnya selama bulan Ramadan.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang seimbang saat berbuka dan sahur. Perhatikan untuk mendapatkan asupan yang cukup dari semua kelompok makanan, termasuk protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, sayuran, dan buah-buahan.

Ibu menyusui harus menghindari makanan yang berlemak dan manis karena dapat menyebabkan dehidrasi dan menurunkan kadar gula darah. Pastikan minum air secukupnya saat sahur dan berbuka untuk mencegah dehidrasi. Hindari minuman berkafein atau berkarbonasi karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Namun, ibu menyusui yang mempunyai anak di bawah enam bulan tidak disarankan puasa. Ini karena si kecil hanya mendapatkan asupan nutrisi dari ASI. "Ingat puasa itu bisa dibayar, tapi golden age si kecil tidak bisa diulang," jelasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)