Sensasi Menginap Bersama Suku Asli Taiwan di Taman Nasional Taroko

Sabtu, 13 Juli 2019 - 08:30 WIB
Sensasi Menginap Bersama...
Sensasi Menginap Bersama Suku Asli Taiwan di Taman Nasional Taroko
A A A
HUALIEN - Menginap di suatu resort berbintang lima dengan pemandangan alam pegunungan yang masih asri tentu banyak ditemukan di berbagai tempat. Namun, akan lebih seru ketika Anda menyambangi Taiwan bagian timur, tepatnya di area Taman Nasional Taroko.

Ada sebuah resort yang menawarkan sensasi menginap ala berbintang lima di tengah-tengah suku asli yang mendiami wilayah tersebut. Resort dengan pemandangan alam pegunungan yang asri dengan flora dan fauna yang unik tersebut bernama Taroko Village Hotel.

Awal Juli 2019, SINDOnews bersama rombongan Taiwan Familiaritazion Tour for Indonesian KOL & Media mendapatkan kesempatan menginap satu malam di Taroko Village Hotel di Fu Shih Village, Hsiulin, Hualien, Taiwan.

Suasana alam yang asri nan hijau begitu terasa ketika berada di Taroko Village Hotel, dimana resort tersebut berada di tengah tengah taman nasional. Sementara, bangunannya terbuat dari kayu mengingatkan bangunan pada Dinasti Tang. Ruangan kamar tidurnya pun diseting dengan nuansa ala Suku Taroko dengan berbagai hiasannya. Namun, pengunjung tetap mendapatkan fasilitas kamar bintang 5 dengan internet dan TV Kabel.
Sensasi Menginap Bersama Suku Asli Taiwan di Taman Nasional Taroko

Taroko Village Hotel memiliki 30 kamar, setiap kamar dilengkapi dengan minimal dua tempat tidur single, tergantung tipe ruangan dan tiap ruangan dapat menampung 1-4 orang; tempat tidur tambahan akan diperlukan jika jumlah tamu lebih dari 2 orang.

Para pengunjung akan disuguhi pertunjukan hidangan yang dilakukan oleh prajurit Taroko, sebelum makan malam (dinner) dimulai. Saat akan dinner, lampu di restoran akan dipadamkan. Berbekal obor 'para prajurit Taroko' akan memulai pertunjukan pesta selamat datang Taroko dengan membawa hasil buruan untuk dipersembahkan kepada para tamu.

Tak hanya itu selesai dinner, para tamu hotel akan disuguhkan atraksi dan pertunjukan Tarian Taroko, instrumen alat musik asli Taroko, dan nyanyian yang unik. Bahkan sejumlah atraksi tersebut dilakukan dengan melibatkan pengunjung.

Saat dinner di Taroko Village Hotel, pengunjung dapat menikmati hidangan ala Suku Taroko yang mengabungkan bahan-bahan asli suku Aborigin dan Hualien. Bagi warga muslim, tak perlu khawatir untuk menyantap di restoran Taroko Village Hotel ini. Pasalnya, tempat ini telah mengadopsi makanan halal sejak tiga tahun terakhir.
Sensasi Menginap Bersama Suku Asli Taiwan di Taman Nasional Taroko

Tetua adat Suku Taroko Zheng Ming Gang mengaku tetap menghormati perbedaan budaya dan membangun persahabatan dengan semua orang. Karenanya sejak tiga tahun terakhir resort tersebut mulai mengadopsi kepentingan umat muslim, baik dari segi makanan maupun ibadah. "Untuk warga muslim ada menu masakan halal. Kita juga menyediakan tempat salat,” ujarnya.

Zheng Ming Gang menegaskan pengelolaan Taroko Village Hotel diberikan Pemerintah Taiwan kepada suku asli Taroko sejak 2014 dengan tujuan untuk konservasi, perlindungan lingkungan, orisinalitas, seni dan budaya.

Karenanya, kata dia, untuk menjaga keaslian taman nasional, pihaknya tidak membangun kolam renang di atas Taroko Vilage Hotel ini. (Baca juga: Serunya Naik Balon Udara di Taitung Taiwan International Balloon Festival ).