Sungai Mudal, Pesona Wisata Kulon Progo yang Memanjakan Mata

Minggu, 14 Juli 2019 - 11:35 WIB
Sungai Mudal, Pesona Wisata Kulon Progo yang Memanjakan Mata
Sungai Mudal, Pesona Wisata Kulon Progo yang Memanjakan Mata
A A A
YOGYAKARTA - Wisata alam selalu jadi primadona bagi hampir semua wisatawan. Salah satunya Sungai Mudal yang ada di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta yang menyimpan banyak pesona menarik. Wisatawan yang hobi menjelajah alam pasti akan merasa senang jalan-jalan di wisata Yogya satu ini.

Dikutip dari Travelingyuk, Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi atau travel untuk menuju Sungai Mudal. Sedikit catatan jika ingin berkunjung menggunakan bus, carilah supir yang mahir karena akan melewati jalan dengan tanjakan dan turunan. Dalam perjalanan sekitar 60 menit dari pusat kota Yogyakarta, Anda sudah bisa menyapa indahnya tempat ini.

Pemandangan alami pepohonan dan gemericik air kerap jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Begitu pula dengan destinasi Sungai Mudal, yang memiliki panorama alami memanjakan. Kawasan ini sediakan beberapa fasilitas penunjang seperti mushola, parkiran, kamar mandi, dan gazebo memadai. Sungai Mudal memiliki sungai dengan aliran syahdu, tidak terlalu deras dan aman.

Hal ini dimanfaatkan pengelola untuk membuat kolam berjajar ke atas, semacam terasiring. Tiap kolam berisi air jernih warna hijau tosca, bisa digunakan untuk berenang atau sekedar mandi. Tersedia juga persewaan pelampung dan ban guna menunjang aktivitas pengunjung. Deretan tangga dari kayu warna cokelat menghiasi hampir seluruh area sungai. Sangat cocok diabadikan dalam bidikan lensa kamera. Di area tengah terdapat sebuah air terjun mini dengan arus deras. Kawasan ini kerap jadi spot foto favorit para pengunjung.

Area taman di sekeliling sungai disulap pengelola sebagai wahana bermain. Terdapat bentang tali flying fox, wahana yang kerap jadi daya tarik bagi para pecandu wisata memacu adrenalin. Jika hanya sekedar senang berfoto, Anda bisa mencoba flying bicycle yang lebih aman. Selain dua wahana tersebut, di area taman ini juga terdapat sudut khusus untuk bersantai. Ada seperangkat meja kursi kayu yang cocok jadi tempat istirahat sambil bercengkrama bersama keluarga.

Menariknya, kolam paling atas dari rangkaian terasiring di sungai ini terdapat fasilitas terapi ikan. Anda bisa menikmati fasilitas health tourism ini tanpa dipungut biaya tambahan. Di sekitar sini juga terdapat air terjun mini dengan bebatuan cantik di sekitarnya. Tentunya juga menarik dijadikan sebagai obyek foto-foto. Anda juga bisa habiskan malam sembari camping di sini dengan membawa peralatan sendiri dan meminta izin pada pengelola.

Sementara di area taman, terdapat pendopo sederhana yang biasa digunakan untuk berbagai acara. Jika ingin memakainya, pastikan memesannya terlebih dahulu. Sungai Mudal buka setiap hari, mulai pukul 08.00—17.00 WIB. Harga tiketnya cukup terjangkau, sekitar Rp6.000 per orang.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5773 seconds (0.1#10.140)