Jimmy Buffet Rocker Kaya yang Jago Berbisnis

Rabu, 25 September 2019 - 08:53 WIB
Jimmy Buffet Rocker Kaya yang Jago Berbisnis
Jimmy Buffet Rocker Kaya yang Jago Berbisnis
A A A
BUKAN hanya sebagai penyanyi, penulis lagu Margaritaville ini juga seorang pebisnis andal yang memakai beberapa judul lagunya untuk bisnis.

Jimmy Buffett lahir pada 25 Desember 1946 di Pascagoula, Mississippi. Dia menghabiskan masa kecilnya di Mobile, Alabama, di tempat dia menyelesaikan sekolah menengah atasnya. Dia lalu meninggalkan Mobile dan kuliah di University of Southern, Mississippi.

Di sinilah dia mulai aktif bermain gitar untuk memikat wanita. Bermodalkan gitar, Jimmy semakin yakin bahwa bermusik adalah talenta kuat yang dimilikinya. Dia lalu mantap pindah ke Nashville yang disebut-sebut sebagai kotanya musik country untuk mewujudkan impiannya menjadi penyanyi country.

Perkiraannya tidak meleset. Dia mendapat kontrak kerja sama pertamanya pada 1970. Menyusul debut lagu countrynya, Down to Earth, yang diikuti High Cumberland Jubilee . Namun, Jimmy tidak lama tinggal di Nashville. Dia lebih memilih menghirup udara segar laut di Key West.

Tidak butuh waktu lama baginya untuk menelurkan album, “White Sport Coat and a Pink Crustacean”, pada 1973. Lagu Why Don’t We Get Drunk (And Screw) yang ada di albumnya meraih respons cukup bagus.

Penggemarnya mulai mengenakan kaus Hawaii dan menyebut diri mereka Parrotheads. Jimmy mengikuti musik mainstream pada album keenamnya yang berjudul “Changes in Latitudes, Changes in Attitudes”. Album ini memuat lagu Margaritaville yang masih tetap diminati hingga kini.

Pada 1978 disusul lagu lainnya, Son of a Son of a Sailor , yang menampilkan lagu klasik lain seperti Cheeseburger in Paradise . Keduanya diganjar piringan emas (gold). Itu berarti penjualan albumnya sudah mencapai 500.000 keping. Pada 1980-an, Jimmy menerbitkan buku.

Dia juga memiliki berbagai klub, line busana pantai, dan label rekaman Margaritaville. Hingga kini Jimmy masih mencoba terus eksis lewat kegiatan konser di berbagai negara setiap tahunnya. Dia juga terus memproduksi album baru seperti “Songs from St Somewhere”.

Di luar bermusik, Jimmy juga seorang pebisnis andal. Dia merupakan pemilik beberapa resor dan kasino. Pria 72 tahun itu kini tinggal di Palm Beach, Florida, di mana dia bisa menghabiskan waktu menjadi pelaut maupun pilot. Dia juga dikenal sebagai aktivis lingkungan.

Lewat judul lagunya yang paling populer, Jimmy tidak hanya mendapat ketenaran dan penghasilan, tetapi juga membuka pundi-pundi uang lain. Dia menjadikan judul lagunya sebagai nama restoran, kafe, atau bar miliknya. Misalnya, dia membuka Margaritaville Cafe di Key West, Florida, pada 1985.

Dia juga pemilik LandShark Bar & Grill di Baltimore, Maryland, dan Restoran Cheeseburger in Paradise Restaurant. Sebagai penggemar baseball , Jimmy juga memiliki dua tim, yaitu The Fort Myers Miracle dan The Madison Black Wolf. Naluri pebisnis Jimmy memang cukup kuat.

Dia juga pemegang lisensi dari Margaritaville Tequila, Margaritaville Footwear, dan Margaritaville Foods yang meliputi keripik kentang, salsa, guacamole , udang, ayam dan lainnya. Dari bisnis, penjualan album, dan tur yang dilakukan, Jimmy diperkirakan mendapat pemasukan Rp705 miliar pada 2017 dan total kekayaan senilai Rp8,4 triliun. (Sri Noviarni)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7800 seconds (0.1#10.140)