Anggota Keluarga Memiliki Peran Penting buat Penderita Diabetes

loading...
Anggota Keluarga Memiliki Peran Penting buat Penderita Diabetes
Anggota Keluarga Memiliki Peran Penting buat Penderita Diabetes
JAKARTA - Menyambut World Diabetes Day atau Hari Diabetes Sedunia tahun ini, Tropicana Slim kembali mengajak keluarga Indonesia mencegah dan melawan diabetes melalui kampanye #Hands4Diabetes. Memasuki tahun keenamnya, kampanye tersebut mengangkat tema Keluarga dan Diabetes.

Kampanye #Hands4Diabetes kali ini ingin mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa setiap anggota keluarga memiliki peran besar untuk pencegahan diabetes, sekaligus mendukung anggota keluarga yang telah menyandang diabetes.

Senam Sehat #Hands4Diabetes 2019 turut dilaksanakan serentak dan secara live di 37 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Semarang, Solo, Jogja, Tegal, Surabaya, Malang, Kediri, Aceh, Medan, Pekanbaru, Pematangsiantar, Batam, Jambi, Palembang, Bandar Lampung, Samarinda, Banjarmasin, Palangkaraya, Pontianak, Makassar, Manado, Gorontalo, Palu, Kendari, Denpasar, Mataram, Ambon dan Jayapura.

Khususnya di Jakarta, sebanyak 3.500 peserta #Hands4Diabetes yang terdiri dari ayah, ibu dan anak dengan antusias berkumpul dan mengikuti rangkaian kegiatan. Para peserta mengikuti jalan santai, senam sehat keluarga, cek gula darah gratis, serta berbagai kegiatan yang seru dan edukatif di berbagai booth acara.



Bekerjasama dengan RSUPN Cipto Mangunkusumo dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kegiatan #Hands4Diabetes in Jakarta Diabetes Walk 2019 turut dimeriahkan dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM serta bintang tamu Baim Wong.

"Tahun ini, Tropicana Slim mengangkat tema Keluarga dan Diabetes sesuai dengan tema peringatan Hari Diabetes Internasional, di mana diperlukan semangat dan kesadaran seluruh anggota keluarga untuk bersama-sama cegah dan lawan diabetes. Semangat ini pun diturunkan dalam bentuk Senam Keluarga Lawan Diabetes, hasil kolaborasi RSCM FKUI Tropicana Slim, Sobat Diabet," papar Brand Manager Tropicana Slim, Noviana Halim di Jakarta, belum lama ini.

"Gerakan senam sehat ini terdiri dari dua jenis olahraga, yaitu olahraga aerobik untuk melatih jantung, serta olahraga resisten untuk melatih otot tubuh. Menurut American Diabetes Association pada jurnal Diabetes Care, kombinasi latihan aerobik dan latihan resisten ini lebih efektif memperbaiki sensitivitas insulin sehingga gula darah tetap stabil bagi diabetisi. Tentunya, tidak lupa diiringi dengan membatasi asupan gula tiap hari, agar diabetes jauh dari kita dan keluarga," tambahnya.

Menurut dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, saat ini, diabetes masih menjadi momok yang perlu dilawan dan dicegah secara serius oleh masyarakat. Bukan hanya jumlahnya yang semakin tinggi di Indonesia, usia penderita diabetes khususnya diabetes tipe 2, juga sudah semakin muda dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan data Riskesdas 2013, 90% dari total kasus diabetes merupakan diabetes tipe 2, yang umumnya terjadi pada orang dewasa. Namun, beberapa tahun terakhir makin banyak ditemukan pada usia dewasa muda di bawah 30 tahun bahkan pada anak-anak dan remaja.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top